Alat kelamin Jantan, Berikut 6 Bagian Pada Bunga, Jenis Dan Manfaatnya

Alat kelamin Jantan Dan Betina Pada Bunga

Bunga dengan 6 bagiannya, Juga memiliki alat kelamin jantan, yang berfungsi untuk proses pembuahan pada tanaman

Atozbi.com, Bunga – Mengutip konsep Sexual Plant Reproduction (Tahun 1992) Tulisan dan penelitian yang dilakukan oleh M Crestie.

Penyerbukan adalah proses jatuhnya serbuk sari atau polen dan menempel pada permukaan stigma bagian atas atau kepala putik.

Definisi Bunga

Bunga merupakan kehidupan seorang wanita, entah kalau Wanita mengidentikkan diri seperti bunga yang selalu terjaga.

Rata-rata wanita suka dengan bunga, dalam beberapa penelitian menyebutkan. Bahwa mereka pecinta bunga memiliki jiwa yang lebih halus dibandingkan mereka yang tidak melakukan penjiwaan terhadap bunga.

Sehingga jika kekasihmu pecinta bunga, pertahankan. Dan jangan lepas.

Pengertian Bunga ada beberapa, menurut KBBI:

  1. Bunga merupakan bagian dari tumbuhan yang akan menjadi buah, dengan warna yang elok serta harum baunya; contoh, kembang
  2. Jenis dengan berbagai-bagai jenis bunga; Seperti melati; dan mawar; dan sebagainya
  3. Sesuatu dianggap elok dan cantik. Merupakan Kata Kiasan. Contoh: Wanita yang membaca artikel ini adalah pecinta tanaman hias, dia adalah Bunga yang cantik di daerahnya. (Sumber: Jagoan Kata)

Yang akan kita bahas pada artikel ini adalah definisi bunga pada bagian 1 dan 2 diatas.

Alat Kelamin Jantan Bunga Di Bagian Apa Pada Bunga?

Tanpa proses berbunga pada tumbuhan, maka tidak akan pernah ada buah dari tumbuhan. Bunga adalah calon buah pada proses reproduksi tumbuhan.

Namun berbicara kelamin pada bunga, tidak sama dengan kelamin pada hewan. Sebab penyebutan kelamin adalah semata mata untuk mengidentikkan bahwa pada tumbuhan juga terjadi proses reproduksi.

Bagian-bagian dari Bunga:

Alat reproduksi pada Bunga
Bagian-bagian reproduksi pada Bunga (Foto:Pinterest.com)

Mahkota

Mahkota merupakan bagian yang menarik dari serangga. Mahkota berwarna warni. Hal ini untuk menarik perhatian dari serangga.

Adapun ukuran dari mahkota, lebih besar dari bagian-bagian lainnya yang ada pada alat reproduksi tumbuhan.

Kelopak

Tak ubahnya dengan kelopak mata yang melindungi bola mata. Kelopak pada bunga berfungsi untuk melindungi mahkota saat masih kuncup.

Dan ketika waktunya, maka kelopak akan terbuka yang menyebabkan mahkota menjadi mekar. Kelopak memiliki nama lain, yaitu Calyx.

Benang Sari

(Alat Kelamin Jantan Pada Bunga)

Nama lainnya adalah Androecium. Rata-rata tumbuhan memiliki 4 kotak sari berupa mikrospagia. Bagian ini berfungsi sebagai organ reproduksi jantan pada tumbuhan.

Pada Benang Sari terbagi lagi menjadi:

  1. Filament atau tangkai sari
  2. Kapala Sari, dan
  3. Serbuk Sari.

Putik

(Alat Kelamin Betina)

Nama lainnya adalah Gynoecium, sekaligus sebagai alat kelamin betina pada bunga. Berposisi ditengah-tengah daripada bagian bunga. Didalamnya terdapat semacam “sel telur”. Yang berfungsi untuk perkembang biakan.

Bakal Buah

Kalau pada wanita dikenal dengan Ovarium. Pada bagian bunga terdapat pula hal yang sama meski bentuknya berbeda.

Bakal buah atau orvary pada bunga terdapat didalam (bagian) Putik. Memiliki fungsi yang sangat vital dalam proses pembuahan.

Bakal Biji

Pada tumbuhan berbiji, terdapat bagian bakal biji yang berfungsi memproteksi (pelindung). Dan menjadi tempat menyimpan sel telur yang telah dibuahi oleh serbuk sari.

Atau dengan kata lain, tempat menyimpan hasil konsepsi dari pertemuan gyneocium dan androecium.

Jenis-Jenis Bunga

Dalam hal reproduksi, maka bunga memiliki jenis-jenis, sebagai berikut:

Bunga Lengkap

Bunga lengkap adalah merupakan bunga dengan bagian-bagian sebagai beriktu:

  1. Kelopak (Calyx)
  2. Benang sari (Androecium)
  3. Mahkota, dan
  4. Putik (Gynoecium)

Dalam bunga yang lengkap memiliki kelamin ganda atau memiliki alat kelamin jantan dan betina. Dengan nama latin Hermaprodit.

Tidak hanya kedua alat kelamin, tapi juga memiliki aksesori berupa kelopak dan mahkota.

Dalam beberapa bunga, memiliki kelengkapan dari 4 bagian tersebut diatas. Sehingga dengan satu bunga tersebut, akan menghasilkan proses penyerbukan untuk selanjutnya bereproduksi.

Contoh dari tumbuhan dengan kelamin ganda adalah : Bunga Melati, Mawar, sepatu dan sebagainya.

Bunga Tidak Sempurna

Bunga tidak sempurna adalah kebalikan dari bunga lengkap. Dimana jenis bunga ini memiliki beberapa bagian dari bunga yang hilang dari 4 bagian. Berbeda dengan bunga lengkap. Seperti tidak adanya aksesori bunga atau tidak lengkapnya alat kelamin.

Dengan demikian, bunga tidak sempurna dikelompokkan menjadi 2, yakni:

  1. Aksesoris bunga tidak lengkap, dan
  2. Alat Kelamin yang tidak lengkap.

Aksesoris bunga tidak lengkap maksudnya adalah tidak terdapat mahkota dan kelopak pada bunga. Sehingga bunga menjadi telanjang.

Adapun jenis tumbuhan dengan bunga tidak lengkap, seperti: Bunga kelapa, Bunga rambutan, Bunga jepung bali, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, bunga dengan alat kelamin tidak lengkap adalah bunga yang tidak memiliki keduanya. Hanya androecium atau hanya gynoecium.

Adapaun Contoh tumbuhan dengan alat kelamin yang tidak lengkap adalah: Bunga salak dan Bunga mentimun.

Sehingga biasa dikenal, tumbuhan salak jantan dan salak betina. Maksudnya bahwa tumbuhan tersebut tidak bisa terjadi proses penyerbukan tanpa penggabungan 2 tanaman jantan dan betina.

Hal ini berbeda dengan tanaman (bunga) rambutan yang masuk bunga sempurna sebagaimana dijelaskan diatas. Dimana dalam bunganya terdapat 2 jenis kelamin secara lengkap.

Sehingga satu pohon rambutan tersebut bisa terjadi penyerbukan tanpa adanya pohon rambutan lainnya.

Manfaat Bunga Pada Manusia

Bunga memberikan banyak manfaat pada manusia, diantaranya:

  1. Menyatakan suasana hati, seseorang yang mencintai bunga dan merawat bunga adalah seseorang yang memiliki kelembutan hati dan jiwa,
  2. Menyatakan perasaan, Hal ini bisa dilihat dari film-film. Seseorang menyatakan perasaan dengan perantaraan bunga. Misalnya bunga mawar
  3. Komoditas Ekonomi, dalam beberapa tempat. Seseorang menjadikan bunga sebagai salah satu produk ekonomi. Dengan memperjual belikan dari berbagai jenis bunga kepada yang membutuhkan.
  4. Menciptakan estetika lingkungan, Bunga dengan penataan yang baik, akan menciptakan keindahan lingkungan.
  5. Sebagai bahan kosmetik, dalam penemuan terakhir, olahan bunga menjadi salah satu produk kosmetik maupun aroma terapi. Telah di temukan untuk kebutuhan bahan kosmetik dan diperjual belikan.

Demikian artikel tentang bunga, semoga bermanfaat.

Bunga Lainnya: Usaha Rumahan Olah Ulang Sampah Plastik Bernilai Ekonomis

Author: admin