Dumpi Katabang: Mencegah Kanker, Bisa Membuat Anda Langsing

Katabang atau Tarajjong

Dumpi Katabang, atau biasa juga disebut dengan Tara’jo’. Merupakan kue tradisional asal Sulawesi Selatan yang enak, berenergi, dan simpel cara membuatnya.

Atozbi.Com, Usaha Rumahan – Untuk membuat usaha rumahan, bagi yang membutuhkan ide, maka melirik kue khas dan tradisonal asal Sulsel. Bisa menjadi sebuah ide menarik bisnis rumahan dengan modal kecil.

Bukan hanya gadis-gadisnya yang cantik dan setia dengan pasangannya. Tapi orang Makassar dan Bugis serta Luwu yang mendiami Sulawesi Selatan secara mayoritas. Memiliki kemampuan membuat kue tradisional yang tidak kalah enaknya dengan kue tart. Ataupun jenis kue modern lainnya.

Lebih alami, lebih natural, dan pasti lebih sehat. Sebab bahannya adalah bahan yang segar. Tidak pakai pengawet.

Meski tanpa pengawet, namun bisa bertahan seperti awetnya hatiku ke hati kamu. Kue khas ini, sangat cocok dengan kopi pahit ketika pagi atau sore hari.

Baca juga: Baksoeka Cobek Selingkuh, Kuliner Maros Yang Viral Beberapa Hari Terakhir

Kandungan dalam singkong tersebut, meminimalisir terjadinya serangan penyakit jantung coroner. Sehingga disarankan mengkonsumsi ubi kayu ataupun turunannya seperti kue-kue bahan dasar singkong. Secara teratur dikonsumsi.

Tidak hanya itu, tapi dengan memakan secara teratur dapat membuat tubuh seorang wanita menjadi langsing.

Untuk dapat mengkonsumsi makanan khas ini tidak sulit. Sebab rata-rata orang dari Sulsel mengetahui cara membuat kue ini. Meski ada orang tertentu yang ahli membuatnya karena telah menghafal resepnya.

Cara Membuat Dumpi Katabang Atau Tara’jong

Resep berikut ini dikirim ke Atozbi.com, oleh salah seorang yang memiliki usaha rumahan kue khas sulsel tersebut bernama Asmawati Akhmad.

Katabang atau tara’jong merupakan kue dengan menggunakan singkong, sebagai bahan baku dan gula merah aren dari pohon enau.

Ubi Kayu sebagai Bahan Dumpi Katabang Atau Tarajjo
Ubi Kayu Yang segar untuk membuat kue katabang atau tara’jo’

Bahan Yang Di Butuhkan:

  1. 1 Kilogram Singkong,
  2. 1 Buah Gula Merah ukuran besar,
  3. 1/4 liter Tepung Beras,
  4. 1 liter Minyak gooreng,
  5. Alat tumbuk (cobekan), dan
  6. Peralatan memasak

Persiapan Pemilihan Alat Bahan

  1. Pilih Ubi Kayu atau singkong yang bagus isi dan dagingnya. Jangan menggunakan buah singkong yang mulai mengeras, bisa diperiksa pada potongannya.
  2. Pilih gula yang memiliki kualitas bagus, bukan jenis gula yang melu. Sebaiknya gula merah yang utuh, bukan berbentuk bubuk.

Proses Pembuatan

  1. Potong singkong dengan ukuran kurang lebih 10 – 15 cm, buka kulitnya. Sebab pada kulit singkong mengandung racun.
  2. Kukus atau masak sampai matang dan buahnya menjadi lembut.
  3. Tiriskan dan dinginkan, untuk mengurangi kandungan air dalam singkong tersebut.
  4. Hancurkan gula merah sampai halus. Bisa dengan menumbuk atau dengan di serut.
  5. Tumbuk ubi kayu atau singkong sampai halus.
  6. Campurkan dengan gula sampai sehalus mungkin. Dan bersenyawa
  7. Angkat ke loyang dan cairkan dengan menambahkan air. Harus hati-hati dalam penambahan air. Untuk mencegah adonan terlalu mencair. Namun jika mencair, silahkan tambah 5 – 7 sendok makan tepung beras untuk mengentalkan.
  8. Atur adonan dengan membentuk secara bulat gepeng, dengan ketebalan 1 – 2 cm.
  9. Campurkan air pada tepung beras, sedikit kental,
  10. Panaskan minyak dalam wajan,
  11. Masukkan adonan dumpi katabang/tara’jong tadi kedalam cairan kental tepung beras. Diamkan sejenak hingga meresap, sekitar 30 detik.
  12. Masukkan katabang kedalam wajan dengan minyak mendidih.
  13. Tunggu hingga warnanya berubak kecoklatan.
Katabang
Katabang dalam Penggorengan (Sumber Foto: Asmawati)

Makanan khas dumpi katabang atau tara’jong telah siap. Tunggu hingga panasnya berkurang, dan selamat menikmati.

Kandungan Dan Manfaat Singkong Bagi Tubuh

Atozbi.com melakukan penelusuran tentang kandungan dan manfaat yang terdapat dalam singkong.

Ubi Jalar atau Singkong adalah makanan murah meriah yang gampang didapat pada pasar tradisional. Dengan harga yang bersahabat untuk semua kalangan.

Kandungan Singkong,

Dikutip dari Dokter sehat, yakni:

  1. Protein, 1,36 g
  2. Kalori, 160 Kkal
  3. Karbohidrat, 38,06 g
  4. Serat, 1,8 g
  5. Kalsium, 16 mg
  6. Zat besi, 0,27 mg
  7. Magnesium, 21 mg
  8. Fosfor, 27 mg
  9. Potasium, 271 mg
  10. Sodium, 14 mg
  11. Zinc, 0,34 mg

Dengan kandungan kalori yang tinggi dan karbohidrat yang tinggi, membuat makanan ini bisa menjadi alternatif pengganti nasi.

Sementara kandungan gula merah mengandung banyak vitamin. Dan didalam gula merah mengandung zat anti lelah.

Baca juga: Ikan Asap Bulukumba, Khas Juku’ Tapa, Bagaimana Cara Membuatnya?

Manfaat

Singkong memiliki banyak manfaat buat tubuh:

Sistem Pencernaan Yang baik

Dengan serat yang ada dalam singkong. Membuat pencernaan semakin baik karena bisa mengurai baha-bahan makanan yang tercampur dalam usus. Sebab singkong menjadi mediator “bakteri baik” buat tubuh. Dan menjadi pertahanan buat tubuh dari serangan bakteri jahat dalam usus.

Membuat Langsing

Dengan kandungan kalori dan karbohidrat dalam singkong, serta kandungan glukosa yang banyak pada gula merah. Akan memberikan efek kenyang dalam jangka waktu yang lama. Sehingga mengurangi untuk mengkonsumsi makanan (nasi).

Baca juga: Peluang Usaha Agar Tidak menganggur Di Tahun 2020

Sehingga mengkonsumsi dumpi katabang bisa menjadi alternatif diet.

Anti Kanker

Senyawa anti oksidan yang terdapat dalam singkong, Dianggap oleh beberapa peneliti mampu mengurangi resiko serangan kanker. Dengan zat ada dalam bahan makanan yang murah meriah tersebut.

Mencegah Diabetes

Dengan kandungan vitamin A yang dimiliki, mampu mengurangi terjadinya Diabetes Mellitus atau penyakit gula. Hal ini telah dilakukan penelitian. Dengan publikasi Journal of Nutrition and Human Health pada tahun 2018. Menyatakan bahwa 40 orang yang diteliti dan rajin mengkonsumsi Singkong secara teratur. Mampu mengendalikan kadar gula darah mereka.

Imunitas

Imunitas yang menurun disebabkan oleh kekurangan Vitamin A dan C. Sementara dalam dingkong terdapat banyak kandungan Vitamin, terutama Vitamin A yang tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi akan meningkatkan daya kekebalan tubuh oleh zat yang terkandung didalamnya.

Demikian cara membuat Dumpi Katabang atau Tarajjong, dengan bahan dasar Ubi Kayu atau Singkong serta gula merah. Mungkin sudah seharusnya direncanakan untuk membuat kue tradisional khas Sulawesi Selatan.

Bagi yang ada diluar Sulawesi. Jika pasangan anda orang Sulawesi Selatan, maka katakan kepadanya “Aku ingin memakan katabang atau tara’jong”. Kemungkinan besar dia sudah memahami apa maksud anda.

Ini kue khas Sulsel yang paling gampang cara pembuatannya, seperti mudahnya menggoreng pisang. Jika saja dia tidak mengetahui bagaimana cara membuat kue tradisional ini. Maka tanyakan keaslian asal daerahnya, hehe. Bercanda. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Author: admin

Tinggalkan Komentar