Gogos Harum Hingga Palekko, 5 Makanan Khas Tradisional Barru

Tiram Bakar Harum Asal Barru

Nasu Palekko dan Gogos Harum merupakan salah satu makanan khas dari Kabupaten Barru. Merupakan kuliner tradisional khas Daerah yang sangat menggoda selera.

Atozbi.com, Makanan Khas Tardisional – Menyebut nama Kabupaten Barru, maka yang terbayang. Daerah ini memiliki pemandangan alam yang indah ketika menempuh perjalanan dari Makassar. Disamping kiri ketika memasuki Kota Barru terhampar luas laut dan empang di Kabupaten Barru.

Dalam sejarahnya, Kabupaten ini pula memiliki makanan khas yang sangat menggoda selera makan. Untuk mencicipinya. Perlu diketahui bahwa dari Kabupaten ini juga terdapat banyak gadis manis yang cantik dan menawan. Jangan tersenyum pada gadis dari daerah ini. Sebab jika ia membalas senyum kamu, maka kamu akan terpikat dengan senyumnya yang manis.

Gogos Harum Khas Barru Yang Melegenda

Daerah ini menghasilkan karya tangan sebagai usaha rumahan didearah ini. Dengan keterampilan yang dimiliki. Daerah ini memiliki makanan khas kuliner.

Gogos Harum Masakan Tradisional Asal Barru
Gogos Harum Asal Kabupaten Barru, Masakan Khas Tradisional Daerah

Berbeda dengan daerah lain. Sebab khas Gogos (Gogoso) dari Kabupaten ini sangat bersahabat dengan lidah.

A To Z: Makanan Khas Tradisional Sinjai, Keperkasaan Hingga Romantisme

Gogos merupakan jenis makanan yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Dibakar hingga menghasilkan bau harum gogos yang memikat. Dicampur dengan mie rebus dan juga telur asin. Sangat banyak dijumpai dipinggir jalan Barru makanan khas tradisional tersebut.

Nasu Palekko, Makanan Khas Tradisional Yang Pedis

Selain Gogos yang terkenal harum. Barru juga memiliki makanan khas tradisional yang rasanya pedis. Dan pedisnya makanan dengan bahan dasar utama bebek atau ayam ini. Dengan racikan tangan terampil. Orang Barru mampu menghasilkan cita rasa Nasu Palekko yang membuat kita goyang lidah.

Nasu Palekko Masakan Tradisional barru
Nasu Palekko Masakan Tardisional Barru, Dari Bebek

Ada rasa asam sedikit, manis dalam kadar yang kecil. Namun yang paling dominan adalah rasa pedis yang tediri dari beberapa grade. Grade 1 tidak terlalu pedis, hingga grade 5 yang amat sangat pedis. Meski masakannya adalah masakan yang pedis, namun cewek asal Barru berpantangan membuat hati kamu ikutan pedis.

Dengan memasak dalam tempo waktu yang cukup lama, palekko ini dalam wadah periuk. Dengan membuat meresapnya rasa pedis kedalam tulang bebek. Daging bebek dipotong-potong bersama tulang, kemudian dicampur dengan cabai, merica dan rempah-rempah lainnya.

Tiram Bakar, Untuk Vitalitas

Tiram biasanya dijumpai adalah tiram yang dimasak. Namun kali ini masakan khas tradisional Barru diolah dengan cara dibakar. Harga yang lebih murah, karena tiram tersebut dijual dalam kondisi masih mentah.

Pembeli memiliki, setelah itu penjual akan membakarnya diatas tungku pembakaran yang disiapkan. Bau yang dikeluarkan dari tiram bakar ini sangat khas dan harum seperti Gogos dan Nasu Palekko. Sangat menggugah selesa makan.

Tiram Bakar Harum Asal Barru
Tiram Bakar Salah Satu Makanan Khas Barru

Tiram Bakar di Kabupaten Barru, sebagai salah satu makanan tradisional. Tidak menyebutkan bahwa makanan tersebut untuk hal yang berhubungan dengan vitalitas.

Dikutip dari Halodoc, salah satu dari manfaat mengkonsumsi tiram adalah untuk vitalitas pria.

“Kandungan tersebut terbukti meningkatkan hormon seksual pria dengan meningkatkan produksi testosteron dan memperlancar pernapasan. Sedangkan, kandungan zat besi dan yodium dalam tiram membantu memperlancar aliran darah ke alat vital, sehingga gairah seksual menjadi meningkat”.

Telur Asin, Pasangan Gogos Harum

Gogos yang menghasilkan aroma, dilengkapi dengan telur asin. Sebagai menu favorit akan lengkap jika pasangan “suami istri” itu digabungkan. Di daerah ini memiliki banyak bebek yang menghasilkan telur asin.

Telur Asin asal Barru
Telur Asin Dari Kabupaten Barru

Maka tidak heran jika daerah ini, disamping memiliki makanan dengan bahan baku daging bebek. Juga telur bebek asin yang rasanya berbeda dengan telur bebek daerah lain.

Struktur daging telur asin yang memiliki tekstur yang enak ketika dikonsumsi. Makanan khas tradisional ini bahkan saat ini juga bisa dijumpai di Kota Makassar (Ibukota Provinsi Sulsel). Sebab penjual telah melakukan ekspansi penjualan.

Bolu Cukke, Makanan Tradisional Barru

Dengan menggunakan tepung beras ketan dan telur, dicampur dalam satu adonan ditambah dengan gula merah serut. Kemudian di kukus. Menghasilkan bolu cukke yang lembut. Selembut bahasa orang Barru ketika menyapa tamu.

Bolu Cukke Tradisional Barru
Bolu Cukke Khas Kabupaten Barru

Bolu cukke ini banyak dijumpai dijalan-jalan sebelum Kota Barru. Makanan khas ini bisa menjadi ole-oleh dari daerah tersebut. Mengkonsumsinya dengan menggunakan teh hangat. Bayangkan bagaimana rasanya, apalagi ketika bolu cukke dicelupkan kedalam teh hangat tersebut.

Demikian makanan khas tradisional asal Barru yang memikat selera. Mulai dari Gogos Harum hingga Bolu Cukke.

A To Z: Makanan Tradisional Bulukumba, Katabang Hingga Juku Karra’

Author: admin

Tinggalkan Komentar