Ikan Asap Bulukumba, Khas Juku’ Tapa, Bagaimana Cara Membuatnya?

Ikan Asap Dari Bulukumba, Juku Karra dan Juku tapa

Ikan asap atau ikan yang dimasak dengan Asap, banyak daerah penghasil termasuk Kabupaten Bulukumba. Provinsi Sulawesi Selatan. Bagaimana cara membuatnya?

Atozbi.com, Usaha Rumahan – Bulukumba, daerah yang terkenal dengan Suku Kajang, Pantai Pasir Putih Bira, Pembuatan perahu Pinisi yang melegenda.

Bukan hanya anak gadis yang cantik dan Ayu dari daerah ini. Tapi juga terdapat beberapa hasil produksi tradisional yang bisa dinikmati dan memanjakan lidah.

Namun jangan lupa bahwa daerah ini juga memiliki wisata kuliner yang tidak kalah menariknya. Disana ada jenis ikan asap yang rasanya lain dari yang lain. Dan berbeda dengan dari daerah lainnya.

Baca juga: Peluang Usaha Agar Tidak menganggur Di Tahun 2020

Ikan Asap Dari Butta Panrita Lopi Bulukumba

Ikan Asab di Bulukumba tidak dikenal, sebab daerah tersebut lebih mengenalnya dengan nama Juku Karra’ atau Juku Tapa.

Makna kata Juku Karra adalah ikan yang diiris, sementara untuk Juku Tapa adalah ikan yang diletakkan diatas pembakaran (dipanaskan). Penamaan ini sesuai dengan proses perlakuan terhadap ikan tersebut.

Ikan Asap dari daerah ini memang belum terlalu terkenal. Sebab produksinya yang dilakukan secara tradisional, hanya untuk menyuplai kebutuhan di sekitar.

Meski demikian, ikan Asap merupakan andalan bagi warga yang mayoritas penduduknya memakai Bahasa Konjo tersebut, dan juga bahasa bugis.

Jika hari pasar, jangan lupa mengunjunginya dan memesan ikan ini. Juku Karra’.

Pusat Pembuatan Juku Karra Bulukumba

Juku Karra atau Juku Tapa di buat dan berpusat di Saukeng Kecamatan Herlang. Atau dari arah Kota Bulukumba, menuju kearah Timur sekitar 40 KM. Kecamatan Herlang berbatasan dengan Kecamatan Kajang yang terkenal dengan Baju Hitam-hitamnya.

Di Kecamatan Herlang tersebut bersumber Ikan Asap yang rasanya sangat berkesan. Jangan salah bahwa Juku Karra dari daerah ini memiliki kesan yang sangat luar biasa. Dan kelebihan lainnya adalah bisa bertahan selama beberapa hari.

Juku Tapa dari daerah ini sangat diminati oleh semua kalangan. Dan setiap yang pernah mencobanya akan mengulangi kembali. Sebab kesannya yang sangat menggoda lidah.

Di Kota Makassar, telah ada yang menyiapkan ikan jenis ini dan rasanya sangat mengesankan, silahkan klik disini. Melayani pesan antar.

Cara Membuat Juku Tapa

Nah untuk yang berpikir membuat usaha rumahan dengan juku Karra, maka bisa mencoba dengan melakukan persiapan sebagai berikut.

Perlu diingat bahwa prinsip pembuatan ikan asap adalah dengan menggunakan panas asap untuk membuat matang daripada ikan.

Baca juga: Usaha Rumahan Olah Ulang Sampah Plastik Bernilai Ekonomis

Maka proses pemanasan ikan ini lebih cendrung tertutup dan semua panas mengarah keatas. Dalam arti selanjutnya, semua (4) sisi ditutup. Dan yang terbuka adalah bagian atas saja.

Bagaimana persiapannya, berikut langkah-langkahnya:

  1. Menentukan tempat untuk membuat Asap, dilakukan ditempat terbuka, atau tidak didalam rumah. Ukuran 1 m x 1 m persegi.
  2. Tinggi tempat pembakaran dengan sumber pembakaran adalah 75 cm – 100 cm.
  3. Tutup semua bagian sisi pembakaran, bisa dengan menggunakan tanah atau pasangan batu. Bisa juga dengan zeng Intinya panas dan asap tidak keluar lewat samping. Tujuannya adalah asap mengarah kebagian atas.
  4. Siapkan ikan Tuna yang akan di bakar dengan asap. Pemilihan ikan adalah harus ikan segar.
  5. Iris (karra’) ikan dengan ketebalan sekira 1 – 2 cm.
  6. Tusuk ikan dengan menggunakan bambu. Bisa menggunakan bambu tusuk bakso. Di Bululumba memakai lidi.
  7. Rendam ikan tersebut dengan garam dan jeruk nipis, selama kurang lebih 2 jam.
  8. Siapkan arang atau tempurung kelapa pada tungku pembakaran.
  9. Letakkan ikan yang akan di asap pada bagian atas secara teratur, dan menyiapkan diantara sisi-sisi ikan tempat keluarnya asap.
  10. Pada saat meletakkan ikan diatas tempat pembakaran. Jika ada ruang kosong maka tutup. hal ini untuk mengurangi kehilangan panas yang tidak berguna. Sebab semua panas dari asap berfokus pada ikan yang di asapi tersebut.
  11. Lakukan pembakaran, jangan menggunakan kipas atau melakukan upaya mengipas. Itu keliru. Sebab ikan asap menggunakan udara murni. Serta cegah menyalanya api dalam tungku pembakaran. Pertahankan asap.

Demikian cara pembuatan Ikan Asap Bulukumba yang bisa menjadi inspirasi buat kita semua sebagai salah satu Bisnis atau suaha rumahan.

Baca juga: 4 Makanan Khas Terbaik Bulukumba, Perantau Rindu Pulang

Author: admin

Tinggalkan Komentar