Makanan Khas Tradisional Gowa, Ayam Tolak Pinggang Hingga Bassang

Masakan toppa lada asal Gowa

Apa saja makanan khas tradisional asal Kabupaten Gowa? Daerah yang terkenal dengan kerajaannya yang pernah berkuasa hingga ke Manca Negara. Disana kita akan menemukan beberapa, makanan rumahan yang memanjakan lidah.

Atozbi.com, Makanan Khas Tradisional – Kabupaten Gowa yang berbatasan dengan Kota yang masuk 5 terbesar Indonesia, Makassar. Kearah selatan kita akan menemukan Kabupaten Gowa. Tak hanya gadisnya yang cantik, ayu dan lembut. Tapi suguhan makannya juga merayu hati. Disarankan untuk yang jomblo, mencobanya. Bisa menjadi cara modus untuk kenalan.

Daerah yang dulunya merupakan kerajaan dengan kekuasaan mencakup, Bantaeng, Takalar, Jeneponto, Gowa, Makassar dan Maros tersebut. Memiliki legenda masa lalu yang sangat fenomenal.

Dulu sistem pemerintahan dipimpin oleh raja yang bergelar Sombayya ri Gowa. Sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Daerah ini, dipastikan memiliki makanan khas yang sangat tradisioal dengan beberapa alasan, diantaranya kerajaan besar tersebut. Untuk disuguhkan pada tamu-tamu kerajaan.

Baca juga: Peluang Usaha Agar Tidak menganggur Di Tahun 2020

Suasana tradisional masih sangat terasa didaerah ini ketika memasuki daerah terpencil atau desa-desa. Terutama di Gowa pegunungan. Daerah pegunungan yang paling terkenal adalah Malino dengan cuacanya yang dingin dan sekitarnya.

Berikut akan dibahas beberapa makanan rumahan dari daerah Kabupaten Gowa.

Makanan Tradisional Khas Asal Gowa

Disamping Balla lompoa, daerah ini juga menyuguhkan makanan yang sangat memanjakan lidah pengunjung. Selain merasakan sensasi nikmatnya sayur segar di Malino, maka kita juga bisa menikmati beberapa makanan tradisionalnya.

Makanan Asli Asal Kabupaten Beradat, Gowa:

#Bassang

Nah Bassang. Ini merupakan makanan khas dari Gowa dengan menggunakan jagung. Kini mengalami pengembangan dari model bassang aslinya.

Sudah bervariasi, ada yang membuat bassang kekinian, Pallu Butung Bassang, bassang gadis hingga bassang janda. Sampai bassnag jablay. Bassang yang jablai atau pembuatnya sih.

Namun apapun namanya, semua jenis bassang memiliki bahan dasar, Jagung punut putih dan santan. 2 bahan ini menjadi bahan dasar dari Bassang.

Makanan Khas Tradisional Gowa, Bassang
Bassang sebgaai makanan khas asal daerah Gowa (Makassar). Dengan kandungan kalori yang tinggi. Sumber Foto: Fauziyah Hamis)

Selanjutnya untuk menjadikan bassang rasa manis maupun rasa orginal, maka tergantung selera. Jika menginginkan mengkonsumsi Bassang manis maka silahkan ditambahkan campuran gula. Adapun gula yang sering dipakai adalah gula pasir. Meski ada juga yang memakai gula merah.

Baca juga: Baksoeka Cobek Selingkuh, Kuliner Maros Yang Viral Beberapa Hari Terakhir

Pada penyedia lainnya, ada yang menyuguhkan bassang dengan mencampurkan ayam, ikan dan sebagainya. Harum. Sebab dalam proses memasak ditambahkan dengan daun pandan.

#Juku Pallu Kaloa

Berbahan dasar ikan (juku). Juku Pallu Kaloa ini, hampir sama dengan konro. Karena ikan yang dimasak dengan tulang-tulang besarnya.

Menggunakan bahan kepala ikan kakap. Bisa juga alternatif ikan lain. Dengan bahan lainnya berupa jeruk purut. Cabe merah keriting, lengkuas dan sereh.

Juku Pallu Kaloa Asal Gowa Makassar
Ikan Pallu Kaloa Asal Gowa (Sumber Foto: Oeya Choeya)

Juku Pallu Kaloa ini, yang nikmat bukan ikannya saja. Tapi kuahnya yang menggoda selera. Percaya deh, memakan makanan ini akan membuat lidahmu rindu mengulangnya. Seperti rindu mengulang kenangan di pantai Losari Makassar.

#Sarabba

Nah kalau ini bukan makanan tapi jenis minuman khas dari Gowa-Makassar. Sarabba yang sekarang terkenal adalah Sarabba Sucer (Sucer, singkatan dari Jln Sungai cerekang). Merupakan tempat penjual Sarabba yang terkenal di Kota Makassar.

Sarabba ini merupakan jenis minuman kerajaan di masa lampau. Yang disuguhkan untuk tamu-tamu kerajaan. Tapi sekarang sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan. Bisa membuat sendiri atau memesan pada penyedia.

Sarabba Minuman Khas Kerajaan Gowa
Sarabba, jenis minuman khas asal Kabupaten Gowa (Sumber Foto: Dapur Trichan)

Di Jawa terkenal dengan Wedan Jahe. Maka di Makassar terkenal dengan Sarabbanya. Sama-sama mengandung bahan dasar jahe yang digeprek saat dimasak bercampur dengan Merica. Kayu manis dan daun pandan.

Biasa ditambahkan susu dan juga telur. Namanya sarabba susu, atau sarabba telur. Ataukah sarabba telur susu. Sarabba ini rasanya manis dan pedis. Tapi tidak sepedis hati yang melihat kekasih bersanding dengan lelaki lain.

Menikmatinya bisa dengan sahabat atau teman-teman. Di sekitar Kantor Bupati Gowa atau di Syech Yusuf Discovery. Disana, ada penjual Sarabba yang merupakan jenis minuman khas kerajaan Gowa ini.

#Toppa Lada

Daging, lengkuas, sereh, 3 bahan dasar ini untuk membuat masakan Toppa lada. Toppa lada berarti; toppa’, dibelah belah kecil. Lada itu cabai. Jadi Toppa lada adalah masakan daging dengan belahan kecil yang rasa pedis. Begitu kira-kira simpelnya.

Masakan toppa lada asal Gowa
Toppa lada, masakan dengan daging sapi dan santan kental, Khas tradisional asal Gowa (Sumber foto. Pinterest)

Daging yang biasa dibuat toppa lada adalah daging sapi. Kalau di Jakarta ada masakan daging asam. Atau di jawa dengan masakan rendang. Pada dasarnya kurang lebih sama bahan dasarnya. Yakni menggunakan bahan dasar daging sapi dan santan yang kental.

Perbedaannya adalah pada rasa, ada asam, dan pedis. Ini juga termasuk makanan kerajaan yang sangat digemari. Dan disuguhkan pada pesta perkawinan. Diantara masakan kari daging. Bisa dinikmati siapa saja tamu yang datang, termasuk mantan yang datang menyaksikan pernikahan bekas belahan jiwanya.

#Ayam Tolak Pinggang

Semoga saja ayamnya tidak membawa serta pedang atau badik Makassar.

Pantas saja, daerah ini selalu menyebut Rewako Gowa. Sebab ayam bakarnya saja bertolak (berkacak) pinggang. Rewa itu berani, tegas dan melawan jika dipersalahkan.

Kira-kira kalau makanan ini kita santap, apakah akan melawan?

Nah ini Ayam bakar tolak pinggang merupakan makanan kesukaan dari Bapak Syahrul Yasin Limpo, Mantan Bupati Gowa, Gubernur Sulsel dan sekarang menjabat sebagai Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Bahan untuk membuat ayam bakar tolak pinggang yang jelasnya bukan sapi. Tapi ayam kampung. sebab jika terbuat dari sapi, namanya sapi tolak pinggang. Mana ada.

Makanan Khas Ayam Tolak Pinggang
Ayam Bakar Tolak Pinggang (Foto: Ayam Bakar Bontonompo)

Yang unik dari pembuatan ayam tolak pinggang adalah proses mengatur bentuk ayam hingga bertolak pinggang.

Tekstur daging yang padat namun lembut dengan campuran saus jahe, bawang merah, ketumbar, sereh dan sebagainya. Dioleskan saat proses pembakaran. Membuat Ayam tolak pinggang ini diminati banyak orang.

Baca juga: Usaha Rumahan Olah Ulang Sampah Plastik Bernilai Ekonomis

Soal harga, agak lebih tinggi dari ayam bakar biasa. Sebab menggunakan ayam kampung dan juga proses pembuatannya yang tidak bisa dilakukan oleh banyak orang.

Berbeda dengan resep lainnya yang ada diatas, bahwa resep tersebut lazim dan banyak diketahui oleh orang lain. Ayam tolak pinggang ini berasal dari Bontonompo. Arah Selatan dari pusat Kota Kabupaten Gowa.

Demikian makanan dengan masakan tradisional produksi rumahan khas Kabupaten Gowa. Bisa menjadi ide untuk membuat usaha rumahan. Soal bagaimana cara membuatnya. Silahkan berselancar di Google.

Author: admin

Tinggalkan Komentar