Makanan Khas Tradisional Parepare, Kota Kelahiran Presiden Ketiga

Roti Mantao

Atozbi.com, Makanan Khas Tradisional – Kota Parepare sebagai salah satu provinsi di Sulawesi Selatan, dari Kota ini lahir Bachroddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) yang kelak menjadi Presiden Republik Indonesia Ketiga. Kota Parepare ditempuh dengan perjalanan darat dari Pusat Kota Makassar selama kurang lebih 3 jam.

Melewati Maros, Pangkep dan Barru. Sampai di Kota Parepare kita akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang menarik disore hari.

Makanan Khas Tradisional Asal Parepare

Berbagai macam makanan khas asal Kota Parepare, diantaranya:

#1. Kanre Santan

Kanre Santan, atau nasi bersantan. (kanre= Nasi). Juga ada di Parepare. Berbeda dengan Kanre santan di Selayar. Dimana di Selayar, kanre santan di konsumsi dengan ikan bakar dan seafood di pinggir pantai Bentenge. Jika di Parepare dengan lauk pauk berupa Nasu Palekko dan juga ikan tuna.

Nasi Santan Dan Sea food Bakar Selayar, Dan Makanan Khas Tradisional Parepare
Seafood Bakar dan Nasi Santan Selayar Yang Nikmat Juga Ada di Parepare

Kanre Santan ini banyak di jajakan di pinggir pantai, maupun di pasar-pasar tradisional Parepare ketika pagi hari.

#2. Roti Berre

Berre itu Beras. Roti beras. kira-kira begiru maksudnya. Dengan campurang pisang matang didalamnya, Beras diaduk dengan pisang tersebut. Lalu di matangkan.

Roti Berre
Kuliner Khas Parepare Roti Berre

Roti Berre ini menjadi salahs atu menu favorit yang ada di Parepare ketika pagi hari.

#3. Roti Mantao

Roti jenis ini adalah roti dengan isi berbagai macam, seperti selei, bahkan ada yang memvariasinya dengan abon. Namun secara umum Roti mantao ini menjadi makanan waktu santai.

Roti Mantao
Mantao, Kue Khas Asal Kelahiran Presiden RI ketiga

#4. Baje’ Canggoreng

Baje Canggoreng ini, sama dengan tenteng di Makassar. Semacam makanan tradisional khas asal Parepare dengan campuran gula merah dan kacang tanah. Yang di padukan. Makanan ini cocok dengan Kopi Pahit.

#5. Kacipo

Kacipo adalah salah satu jenis cemilan dari kota Parepare, biasanya sering ditemukan pada toko kue yang ada di kawasan tersebut. Bentuk kue ini sangat mirip onde-onde yang berukuran kecil. 

Baje Canggoreng Asal Parepare, Makanan Khas Tradisional
Baje Canggoreng Berasal Dari Parepare

Manis dan gurih, dengan menggunakan bahan yang terbuat dari tepung terigu dan wijen. Di daerah lain, Kacipo lebih dikenal dengan sebutan kue keciput. 

Demikian Kuliner Asa Parepare, daerah kelahiran Presiden RI ketiga dengan Makanan Khasnya yang memikat.

Atozbi: Makanan Khas Tradisional Pangkep, Untuk Sajian Makanan Rumahan

Author: admin