Makanan Khas Tradisional Sinjai, Keperkasaan Hingga Romantisme

Gogoso Asal Kab. Sinjai

Apa saja Makanan dengan masakan Khas yang diolah secara tradisional yang menjadi ciri Kabupaten Sinjai? Disana kita akan menemukan Sikaporo. Dengan rasa yang berbeda dengan jenis khas berbeda dari daerah lainnya.

Atozbi.com, Makanan Khas Tradisional – Jika memiliki pasangan orang Sinjai, pertahankan dan jangan melepasnya. Sebab gadis dari daerah yang berbatasan dengan Bulukumba, Bone dan Gowa ini. Memiliki sifat penyayang dan perhatian yang sangat tinggi. Dikit cemburuan, pertanda sayangnya.

Kabupaten Sinjai dengan daratannya yang menghijau, juga memiliki masakan khas. Daerah yang dihuni dengan penduduk memakai bahasa Bugis dan Bahasa Konjo ini. Memiliki kekayaan budaya yang sangat terkenal. Penduduk yang ramah. Memegang sikap malu dan memiliki adab yang bagus dalam melayani orang lain.

Senyum yang terhambar membuat hambarnya kegalauan, jika melihat mata indah orang-orang Sinjai.

Baca juga: Makanan Khas Tradisional Gowa, Ayam Tolak Pinggang Hingga Bassang

Bukan hanya itu, dalam hal hubungan dengan pasangan. Orang Sinjai selalu menunjukkan sikap romantisnya dengan pasangannya. Banyak didambakan dan dirindukan oleh lelaki, untuk memiliki pasangan orang dari Sinjai.

Lelaki, asal Sinjai. Dikenal perkasa. Wah berbicara perkasa, biasanya menjadi dambaan banyak lelaki. Nah ternyata di Sinjai ada produksi minuman khas yang dipercayai sebagai sumber keperkasaan pria.

Makanan Khas Tradisional Sinjai

Memiliki makanan khas dengan ciri kedaerahan Sinjai:

#Minas

Minas itu singkatan dari Minuman Asli Sinjai. Menggunakan bahan dasar tape dari singkong atau ubi kayu. Memiliki campuran tape, susu, madu dan juga telur bebek. Nama lain dari minas adalah ireks.

Minuman khas ini untuk membuat tubuh menjadi berenergi. Dan energik dalam melaksanakan aktifitas kerja.

Rasanya dan baunya yang khas, dengan tekstur yang kental. Diminum ketika selesai makan. Namun ini berbeda dengan jamu yang bisa diminum satu kali tegukan. Minas harus diminum secara pelan-pelan. Mengingat minas ini bukan minuman berenergi biasa lainnya.

Makanan Khas Tradisional Asal Sinjai
Minas, minuman khas asal Sinjai untuk “keperkasaan”

Minas mengikuti warna tape kekuningan, biasa disimpan didalam botol plastik. Jangan mengguncangnya, sebab itu bisa meledak. Faktor panas dari tape bisa menjadi pemicu meledaknya minuman “keperkasaan” dari Sinjai tersebut.

Saat ini minas sudah memiliki kemasan khusus bagi yang berminat untuk menikmatinya.

Tapi Minuman khas ini, awalnya di produksi didaerah Bongki. Dan saat ini beberapa orang telah ikut memproduksinya.

Baca juga: Dumpi Katabang: Mencegah Kanker, Bisa Membuat Anda Langsing

#Lawa

Lawa’ Jantung Pisang. Atau mencampur jantung pisang dengan kelapa. Ataupun Lawa’ Ikan. Jika tidak ada keduanya maka bisa dengan lawa’ ayam.

Makanan khas yang satu ini merupakan campuran antara kelapa parut, jeruk purut, cuka dan garam, cabai rawit dengan jantung pisang atau ikan.

Lawa Jantung Pisang Khas Sinjai
Lawa merupakan khas Sinjai yang nikmat (Foto: Kulinercorner)

Cara membuatnya, dengan rasa yang sedikit kecut. Pedis. Adapun ketebalan pedisnya bergantung sesuai selera

Lawa’ ini sekaligus menjadi pemburu nasi agar cepat tertelan begitu rasanya menggoda. Pertahankan jika punya pasangan anda pernah menyajikan lawa’. Sebab setelah berpisah, anda akan selalu mengenang pasangan karena lawa’nya.

#Beppa Taharo

Beppa Taharo. Nah kue khas Sinjai yang satu ini, orang diluar Sinjai menyebutnya dengan ongol-ongol. Merupakan satu dari sekian banyak makanan khas daerah Sinjai yang sangat enak.

Terbuat dari bahan dasar Sagu, dengan campuran gula merah dan santan. Terakhir setelah proses mematangkan dengan cara diaduk menggunakan api secara pelan. Selanjutnya dicampur dengan kelapa parut.

Makanan Khas Tradisional Asal Daerah Sinjai
Beppa Taharo Merupakan Masakan Khas Tradisional Sinjai (Foto Cookpad)

Proses membuat Beppa Taharo memerlukan ketelitian. Dimana seseorang yang memasak harus mengetahui takaran air, panas api dan cara mengaduk yang tepat.

Hingga menghasilkan Beppa Taharo yang kenyal, manis dan membuat yang memakannya mengkhayal begitu nikmatnya. Jika takaran tidak tepat dan proses mengaduk diatas tungku juga tidak tepat. Maka Beppa ini akan menjadi cair atau malah tidak matang meski hangus.

Tepat sekali jika memilih wanita bugis dari daerah ini menjadi pendamping hidup. Sebab mereka terlatih untuk memiliki ketepatan waktu dan takaran. Dan mencoba melatih mereka dengan sakit hati, sebab mereka sangat kuat dengan nurani dan jiwanya. Karena budaya orang Sinjai masih kental dengan suasana Religius.

Adapun penamaannya terdiri dari penggalan kat beppa dan taharo. Beppa adalah bahasa bugis berarti kue. Sementara taharo memiliki arti sagu. Jadi Beppa Taharo adalah kue sagu. Sebagaimana bahan dasarnya adalah sagu terbaik.

Menikmati makanan ringan setengah berat ini. Ketika disuguhkan dengan minuman hangat. Membuat kita rindu ingin mengulanginya. Ketagihan.

#Gogoso

Gogoso dengan rumus matematika 90+90+50, banyak dijumpai di Sulawesi Selatan. Tapi Gogoso yang berasal dari Sinjai berbeda dengan Gogoso dari daerah lain.

Gogoso Asal Kab. Sinjai
Gogoso dengan menggunakan Beras Ketan hitam dari Kabupaten Sinjai (Foto: Istimewa)

Panjang dan besar. Ukuran gogoso dari daerah ini. Dan rasanya yang menggoda. Dengan pinggiran isi gogoso yang kering kecoklatan. Dengan cara pembakaran yang membutuhkan keahlian khusus.

Adapun gogoso ini menggunakan bahan dasar beras ketan atau pulut. Dalam variasi pembuatannya, kadang ditambahkan dengan pakkambu (isi ditengah) berupa abon. Namun pada dasarnya gogoso itu menggunakan beras ketan dan campuran santan. Yang dibungkus dengan daun pisang.

Feeling orang Sinjai yang membakar gogoso, teruji tajam. Sebab tanpa melihat isi dari Gogoso tersebut, sudah mengetahui apakah gogoso ini sudah matang atau belum. Nah kalau pasangan kamu orang dari Sinjai, harus hati-hati sebab feeling mereka tajam lah kan?

#Sikaporo

Makanan Khas dengan Masakan Tradisional dari daerah Sinjai berikutnya adalah Sikaporo.

Sikaporo Buatan Sinjai
Sikaporo buatan Sinjai, lembut dilidah

Dengan bahan tepung beras ketan, santan kental, telur, gula, dan pandan. Dengan santan kental yang dipanaskan sebelumnya ditaburi diatas masakan dari tepung beras ketan. Memberikan sensasi rasa yang berbeda.

#Bikang Doang

Bikang Doang. Ciri khasnya adalah dengan adanya udang atau doang dibagian atas sebagai cir khasnya.

Adapun bahannya berupa tepung terigu/tepung beras, wortel, kol putih, dan daun bawang, telur ayam dan udang.

Bikang Doang Bugis Makassar
Bikang Doang Dari Sinjai, Khas kue Bugis Makassar

Bikang Doang adalah jenis masakan yang biasa dibuat oleh anak kost ketika berkumpul dengan teman-temannya, dimana proses pembuatannya sangat simpel.

Demikian makanan dengan masakan khas daerah Sinjai secara tradisional. Dengan sajian yang emnarik, keperkasaan dan romantisme berpadu dalam pembuatan beberapa bahan makanan dan masakan.

Mau coba? Boleh buat jadwal untuk datang mengunjungi Kabupaten Sinjai.

Author: admin

Tinggalkan Komentar