Makanan Khas Tradisional Takalar, Selain Jagung dan Es Poteng

Makanan Khas Takalar

Makanan Tradisional dan Khas dari daerah Takalar, selain dari Buroncong jagung yang rasanya manis. Juga terdapat beberapa kuliner nikmat dari daerah ini.

Atozbi.com, Makan Khas Tradisonal – Diantara Kabupaten Gowa dan Kabupaten Jeneponto. Adalah posisi Kabupaten Takalah Sulawesi Selatan. Dengan dialek Bahasa Makassar yang sedikit berbeda dengan dialek Jeneponto.

Wanita dari daerah ini ramah, penyayang dan pemalu. Daerah Takalar yang memiliki pahlawan-pahlawan ternama seperti H. Padjonga Dg Ngalle Kr Polongbangkeng dan Ranggong Dg Romo, dan beberapa yang lainnya. Sifat dan nilai keagamaan masih sangat melekat bagi penduduk Takalar. Terutama di daerah pedesaan.

Siri’ seperti kebanyakan orang Makassar masih melekat dengan indah terpatri bagi warga Takalar. Memiliki rasa malu. Malu jika bebuat salah dan pantang membuat malu orang lain.

Namun jika haknya terlanggar, maka mereka memiliki rasa malu atau siri’. Dan hal itu membuat mempertahankan harga dirinya dari rasa malu. Bahkan dengan pertaruhan nyawa.

Eksistensi harga diri yang paling dalam buat mereka adalah ketika istri mereka diganggu. Ini kefatalan yang sangat besar dirasakan oleh orang Takalar.

Kabupaten Takalar memiliki makanan khas tradisional daerah, yang sangat berkesan bagi siapapun yang pernah mencobanya.

Makanan Daerah Dengan Khas Tradisional Kabupaten Takalar

Berikut akan dibahas beberapa hasil penelusuran makanan terbaik di Daerah Takalar.

Baca juga: Makanan Khas Tradisional Gowa, Ayam Tolak Pinggang Hingga Bassang

#Bipang Jangkar

Namalai lain dari Bipang adalah jipang. Terbuat dari beras atau jagung, dan gula merah atau gula pasir. Bipang jangkar merupakan makanan khas Asal daerah Takalar yang sangat enak disemua lidah. Bunyinya kriuk-kriuk.

Bipang Jangkar Makanan Khas Tradisional Takalar
Bipang jangkar Dengan Campuran Beras dan Gula Pasir (putih)

Proses pembuatannya, dengan meledakkan jagung atau beras ala pop corn. Setelah itu beras atau jagung di campurkan kedalam cairan gula merah/putih. Ketebalan dari Jipang atau Bipang ini diatur sedemikian rupa.

Baca juga: Makanan Tradisional Khas Jeneponto, Lammang Hingga Ganja

Setelah itu disimpan pada tempat penataan. Dan ditunggu sampai mengeras. Selanjutnya dilakukan pemotongan. Sesuai ukuran yang dibutuhkan. Di santap dengan kopi sangat nikmat.

#Es Poteng

Es poteng khas dari Takalar. Daerah ini penghasil singkong yang banyak. Sehingga selain Tape yang dihasilkan dengan rasa yang sangat enak. Juga Tape divariasi menjadi Es Poteng.

Makanan Tradisional Khas Daerah Takalar
Es Poteng, sebagai salah satu makanan khas asal Takalar (Foto:Dinamika Hidup)

Berbeda dengan Kabupaten Sinjai, yang merubah hasil permentasi ubi kayu berupa tape menjadi minas atau ireks. Di Takalar, tape dicampur dengan sirup DHT untuk menciptakan cita rasa tape yang unik.

Juga ditambahkan dengan serukan es batu. Sehingga memakannya dengan mengaduk tape, sirup dan es batu.

Es poteng dipergunakan oleh kebanyakan orang, untuk mengurangi sakit pembengkakan. Misalnya pipi bengkak oleh sakit gigi. Bisa diobati dengan memakan Es Poteng. Meski ini belum dilakukan penelitian secara ilmiah.

#Buroncong

Makanan rumahan tradisional, dengan khas daerah Takalar Prov. Sulsel. Buroncong terbuat dari campuran Terigu, kelapa parut, air, santan, gula dan garam. Campuran tersebut di aduk hingga rata. Panaskan alat cetakan buroncong yang menyerupai bulan separuh.

Menggunakan kayu bakar untuk memasaknya, jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembakaran memakai energi gas elpigi.

Buroncong Khas Takalar
Buroncong khas Takalar (Foto: Istimewa)

Penjual buroncong, gampang ditemui. Rata-rata mereka menggunakan sepeda, dengan bagian belakang tempat pembakaran Buroncong. Dengan rasa kelapa dan manis. Renyah dilidah.

#Kue Baje

Kue baje’ terbuat dari beras dan gula merah, dengan mencampurkannya diatas wajan. Ini merupakan suguhan dalam beberapa acara hajatan. Baje atau Waje dalam bahasa bugis.

Waje atau Baje dari Takalar
Baje atau Waje merupakan makanan tradisional asal Bugis Makassar, termasuk Takalar

Merupakan jenis makanan yang manis. Sekaligus sebagai harapan untuk mendapatkan hidup yang manis. Termasuk mendapatkan jodoh yang manis. Semanis rayuanmu meruntuhkan hati ini.

#Jagung

Nah ini, merupakan andalan dari Kabupaten Takalar. Merupakan makanan dengan masakan khas secara tradisional dari Daerah Takalar. Jenis jagung ketan atau punut putih.

Entah bagaimana cara mereka memasak jagung, dan rasanya memang nikmat. Ditambah dengan campuran garam, cabai pedis dan jeruk purut.

Sekaligus didaerah ini memakan jagung dinikmari dengan minum sarabba.

Demikian, Makanan khas dari Kabupaten Takalar. Daerah dengan senyum khas gadisnya yang menawan. Jarak dari Makassar menuju Takalar sekira 40 Kilomater dari Kota Makassar.

Baca juga: Peluang Usaha Agar Tidak menganggur Di Tahun 2020

Author: admin

Tinggalkan Komentar