Makanan Tradisional Bulukumba, Katabang Hingga Juku Karra’

Makanan Tradisional Asal bulukumba

Atozbi.com, Makanan Khas Tradisional – Bulukumba yang merupakan Kabupaten yang menayangkan rindu pada kelembutan pasir putihnya di Bira. Namun bukan hanya itu, sebab Bulukumba juga menawarkan Makanan khas tradisional dan buatan rumah yang sangat menggoda selera.

Dengan Bahasa Dominan dari daerah ini Konjo dan Bugis. Daerah ini memiliki berbagai hasil cipta, karsa dan rasa dengan Perahu Pinisi yang melegenda. Wajah gadis dari daerah ini yang mungil dan imut serta ramah dalam karakter. Terdpat 10 kecamatan yang tersebar di seluruh Bulukumba.

Semua terkoneksi: Masakan Tradisional Khas Bantaeng, Tanah Jalarambang Dengan Kuliner Nikmat

Berjalan menuju Bira, ataupun pantai Bara yang bernuansa kampung. Ataupun mencoba bermain diatas kaca transparan titik Nol Bulukumba di Bira. Disana akan dijumpai Batu Karumbing, atau batu yang tajam-tajam, dengan pepohonan menyerupai pohoh kaktus.

Jika memiliki pasangan orang dari Butta Panrita Lopi, pertahankan. Sebab dia termasuk ciri istri setia kebanyakan. Mereka memiliki budaya ditinggal suami yang merantai dengan berlayar. Ini masa lampau yang mengajarkan mereka tentang kesetiaan dan cinta yang tulus.

Namun mari kita intip bagaimana nikmatnya masakan rumah yang diolah tradisional di Bulukumba.

Makanan Rumahan Dari Bulukumba yang Diolah Secara Tradisional

Bulukumba juga memiliki produk rumahan secara tradisional yang tidak kalah enaknya dengan daerah lainnya. Daerah ini memiliki wisata dan kuliner yang unik

Makanan khas tradisional asal Bulukumba:

#Katabang Tradisional, Makanan Khas Bulukumba

Katabang atau tarajjong. Entah apa arti pastinya. Namun yang jelas katabang itu adalah makanan khas daerah Bulukumba yang terbuat dari Ubi kayu dan gula aren. Ini merupakan makanan ringan, yang banyak disajikan kepada para petani yang bekerja di sawah. Sambi duduk diatas puso, menikmati angin semilir kebun. Romantis bagi yang memiliki pasangan.

Dengan menggunakan singkong yang telah di masak, dan ditiriskan. Katabang atau tarajjong di tumbuk bersama gula merah yang dihaluskan. Adonan diberikan air dan tepung secukupnya. Setelah itu di celupkan kedalam tepung beras cair. Untuk menutupi bagian luar pori-pori adonan.

Katabang atau Tarajjong
Katabang Kue Khas Sulsel. Untuk Mengurangi Kanker, Serangan Jantung Dan Membuat Body Ideal

Selanjutnya di goreng, hingga berwarna kecokelatan. Setelah itu angkat dan tiriskan. Kurangi minyak pada tarajjong/katabang. Jangan lupa menyedu kopi pahit dan teh. Selamat menikmati.

Hati-hati, menu ini bisa mengembalikan kenangan masa lalu, sebab rasanya yang ingin mengulang jika pernah mencobanya.

Atozbi: Dumpi Katabang: Mencegah Kanker, Bisa Membuat Anda Langsing

#Dumpi Eja, Khas Panrita Lopi

Dumpi, bahasa makassarnya kanrejawa, atau Kue, semenjara Eja itu merah. Jadi Dumpi Eja adalah Kue Merah. Dan memang kue ini berwarna merah gelap. Terbuat dari beras ketan dan gula merah. Yang di cairkan dan diaduk merata. Setelah itu digoreng.

Dumpi Eja bagi orang Bulukumba adalah salah satu kue, yang masuk dalam acara sakral budaya pernikahan. Mempelai laki-laki harus membawa dumpi eja ini dalam bentuk baku’ puli.

Bentuk lain dari adonan ini, selain dari membuat dumpi eja adalah cucuru, dan ruhu’-ruhu’.

Dumpi eja merupakan masakan tradisional Panritalopi Bulukumba
Dumpi Eja Khas Bulukumba, yang banyak menggoda lidah

Di beberapa tempat di Bulukumba, kue khas tradisional ini dikonsumsi dengan segelas kopi. Dan bisa juga dengan songkolo’ (nasi beras ketan yang di kukus).

Nah yang paling terkenal dengan dumpi ejanya adalah berasa dari Kajang. Tekstur kue yang lembut dan cita rasanya yang pas.

Jangan mengkonsumsi makanan ini jika sedang menjomblo. Sebab kue ini bisa membuat anda jatuh hati kepada orang dari Kajang, dengan gadis-gadisnya yang cantik. Karena ketagihan untuk makan dumpi eja yang lembut. Berani, coba saja!

#Jangang Nilahara, Khas Bulukumba Yang Memikat

Jangang artinya ayam, Nilahara artinya lawa’ atau bentuk masalah dimana ayam bakar di bagi menjadi bagian-bagian kecil (dicabik), kemudian di campur.

Jangan Nilahara bagi orang Bulukumba suku Konjo adalah makanan dan sajian khas utama dalam beberapa acara, termasuk ketika menerima tamu.

Makanan Khas Butta Panrita Lopi Bulukumba
Jangang Nilahara, Dengan bahan Dasar Ayam dan Kelapa Parut (Foto: picuki)

Adapun bahan utama pembuatan makanan khas ini adalah, ayam kampung (bisa ayam potong) bakar, kelapa setengah tua yang di parut. Cuka dan garam.

Atozbi: Makanan Khas Tradisional Sinjai, Keperkasaan Hingga Romantisme

Saat membuat makanan khas ini, ayam dibakar dengan metode panas dan asap. Selanjutnya kelapa parut di berikan bara api, untuk mengharumkan kelapa. Setelah itu potongan-potongan kecil ayam dimasukkan kedalam kelapa, di campur cara meremas. Terakhri diberikan cuka garam.

Bagi yang memiliki cicilan kendaraan ataupun cicilan lainnya, jangan mengkonsumsi jenis makanan ini. Sebab masakan ini membuat kita melupakan utang. hehe.

#Ruhu-ruhu, Masakan Khas Bulukumba

Adapun makanan dengan masakan tradisional dan khas Bulukumba berikutnya adalah kue ruhu-ruhu, atau kue bannang-bannang di Jeneponto. Tapi ruhu-ruhu memiliki perbedaaan dengan bannang-bannang. Yakni pada bentuknya.

Makanan/ Kue Tradisional Ruhu ruhu asal Bulukumba
Makanan Tradisional Ruhu-ruhu’ asal Kabupaten Bulukumba (Sumber Foto; Beritaku.Id)

Ruhu’-ruhu’ atau kue uhu’uhu’. Dimana Uhu’ itu berarti rambut. Sebab bentuknya yang hampir sebesar uraian rambut. Terbuat dari beras ketan dan gula merah. Bahannya sama dengan dumpi eja diatas. Hanya proses pembuatannya yang berbeda.

Perbedaaan dengan kue bannang-bannang asal Jeneponto adalah proses pembuatan atau penggulungannya. Jeneponto membuat bannang-bannang dengan hasil akhir berbentuk gulungan. Sementara Bulukumba berbentuk lipatan dan bagian tengah agan menggelembung.

Kue Bannang bannang Asal Jeneponto
Bannang-Bannang, sebagai sajian khas dan identik pada hajatan di Jeneponto.

#Kampalo Tradisional, Makanan Khas Bulukumba

Kampalo merupakan jenis masakan khas dari daerah Bulukumba sebagai salah satu makanan tradisional berat dan semi ringan. Sebab makanan ini terbuat dari beras ketan dengan campuran santan. Sehingga akan berefek mengenyangkan.

Makanan ini juga diproduksi di daerah lain khususnya suku Bugis Makassar. Hanya saja ada beberapa perbedaaan baik bentuk maupun cita rasanya.

Kampalo Buatan Bulukumba
Kampalo merupakan khas dari daerah Bugis Makassar

Dengan cara membuat kampalo yang terampil dari daerah ini, akan menghasilkan kampalo yang enak dilidah, lembut dan nikmat. Kajang terkenal dengan masakan khas ini.

Dibungkus dengan menggunakan daun kelapa muda. Orang Bulukumba menyebutnya bombong kaluku (daun kelapa muda), kemudian diikat dengan menggunakan tali rafia.

Ini merupakan makanan yang masuk dalam tradisi budaya pernikahan. Sama dengan dumpi eja. Namun dalam beberapa hajatan kecil, warga dari Bulukumba biasa memproduksi makanan ini.

#Juku Karra’

Juku artinyta ikan, karra’ artinya dipotong. Jadi juku karra adalah ikan yang terpotong-potong. Buka hati yang terpotong oleh undangan nikahan mantan. Santuy!.

Ini merupakan ikan asap (dijawa), di Bulukumba menyebutnya juku karra’. Merupakan jenis ikan olahan rumahan dari ikan cakalang atau ikan tuna segar. Banyak di produksi di Kecamatan Herlang, Kajang dan Bontotiro.

Proses memasaknya dengan menggunakan asap panas. Di lakukan dalam jangka waktu berjam-jam. Sehingga ikan ini bisa bertahan sampai 3 hari diluar pendingin. Atau 2 minggu dalam kulkas.

Untuk menyaksikan proses pembuatannya, boleh jalan-jalan ke daerah Saukeng di Kecamatan Herlang.

Atozbi: Ikan Asap Bulukumba, Khas Juku’ Tapa, Bagaimana Cara Membuatnya?

Berbeda dengan daerah lain, ikan asap seperti ikan bandeng atau bolu, ataupun jenis ikan berukuran kecil lainnya. Yang di bakar asap berekor-ekor. Di Bulukumba di bakar asap dengan bentuk potongan-potongan yang teratur.

Makanan Tradisional Asal bulukumba
Juku Karra, sebagai salah satu masakan khas tradisional Bulukumba (Sumber Foto: FB Masakan khas Bulukumba)

Dalam mengkonsumsi ikan ini, bisa dengan cara mencampurkan cuka dan garam lengkap cabai rawit. Ataupun dimasak asam. Serta bisa digoreng. Mau gaya apapun boleh. Ini merupakan ikan menu “wajib” diacara-acara di Kabupaten Bulukumba.

Pasangan paling serasi dari ikan ini adalah Kanre ne’ne’ (nasi jagung halus) dan gangang keloro (sayur daun kelor). Dengan mengkonsumsi makanan ini, seseorang akan menghilangkan ingatan, termasuk membantu melupakan para mantan.

Demikian makanan khas dengan masakan secara tradisional asal Butta Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba, yang banyak dijumpai dan bisa di nikmati di Kabupaten Bulukumba.

Atozbi: Makanan Khas Tradisional Takalar, Selain Jagung dan Es Poteng

Author: admin

Tinggalkan Komentar