Masakan Tradisional Khas Bantaeng, Tanah Jalarambang Dengan Kuliner Nikmat

Masakan Khas Tradisional Bantaeng

Tidak hanya terkenal dengan jalarambang dan keindahan pantai di Bantaeng. Tapi daerah ini juga memiliki kuliner yang sangat nikmat berupa masakan khas tradisional dari Butta Toa Bantaeng.

Atozbi.com, Masakan Khas Tradisional – Apa saja masuk dalam kategori makanan tradisional dari daerah Bantaeng?

Makanan khas tradisional Bantaeng, yang disajikan dengan senyum keikhlasan. Pertanda tuan rumah dari daerah ini adalah orangnya ramah-ramah. Daerah atau Kabupaten mungil tersebut, memiliki aneka ragam masakan yang di suka oleh banyak kalangan.

Setelah mengkonsumsinyanya menciptakan rindu untuk mengulang.

Masakan Tradisional Khas Daerah Bantaeng

Rumpun Makassar diperbatasan Jeneponto, campuran konjo yang berbatasan dengan kabupaten Bulukumba. Daerah yang terkenal dengan solidaritas dan keramahan menerima tamu. Soal gadisnya yang cantik, jangan tanya. Disini banyak wanita cantik dan ayu.

Tapi jangan mencoba menyentuh tangannya. Sebab budaya Siri masih sangat kental didaerah ini. Cara terbaik untuk menikmati masakan khas dari Bantaeng, sempatkan waktu untuk datang di daerah ini.

Apa saja masakan tradisional yang berasal dai Kabupaten Bantaeng?

#Lawa’ Gangang Jangang

Lawa’ = lawara, gangang artinya sayur, jangang artinya ayam. Jadi lawa’ gangang jangan adalah lawara sayur ayam. Merupakan perpaduan bahan berupa sayur segar, ayam kampung dicampur menjadi satu, dengan menggunakan bahan dasar tambahan berupa kelapa.

Hampir sama dengan masakan khas tradisional Sinjai. hanya saja bedanya adalah variasi dan isi dari masakan.

Baca juga: Makanan Khas Tradisional Sinjai, Keperkasaan Hingga Romantisme

Masakan Khas Tradisional Bantaeng
Lawa’ sebagai salah satu masakan tradisonla khas dari Bantaeng

Adapun bahan sayur yang dipakai di Bantaeng adalah, Paku. Nah lo, mau nantang orang Bantaeng, paku aja dia makan. Maksudnya sayur pakis (paku). Alternatif sayur lainnya adalah daun labu siam.

Sayur segar di Kabupaten Bantaeng banyak dihasilkan di daerah dingin. Kecamatan Uluere, dan Sinoa. Cuaca alam didaerah ini sangat dingin. Dan pagi hari berkabut. Tubuh seperti akan membeku. Yang jelas bukan hati yang beku karena chat centang biru tapi tidak dibalas.

Jangan membiasakan diri merenung dan mengharap pasangan yang tidak pasti. Cukup pastikan saja, bahwa menyantap lawa’ gangang jangang akan membuat semangatmu kembali tumbuh.

Rasanya bercampur antara santan, sayuran dan ayam kampung. Dengan racikan tangan terampil orang dari Kabupaten denagn jalarambangnya yang terkenal.

#Sup Tompong

Sup yang satu ini terbuat dengan campuran ubi kayu goreng (singkong). Sementara Tompong adalah nama sebuah dusun atau kampung di Kabupaten Bantaeng. Orang menyebutnya Sup Ubi Tompong, yang berarti Sup ubi yang terdapat di Tompong tersebut.

Merupakan masakan khas tradisional asal Bantaeng, dengan menggunakan bahan alamiah berupa ubi kayu yang digoreng.

Masakan Khas Bantaeng Tradisional
Masakan Tradisional Khas Daerah bantaeng, Sup ubi Tompong

Berbeda dengan sup ubi lainnya, yang langsung dicampur kedalam mangkuk, bersama mie, daun sup, serta Ubi.

Di Bantaeng penjualan Sup Tompong, mie yang telah dicampur dengan bahan-bahannya. Pada piring disiapkan ubi goreng yang siap dicampur dengan sup tersebut.

Sederhana tempatnya, namun pembelinya tidak pernah sepi.

#Juku Pallu Mara

Juku adalah nama Makassar, Ikan. Pallu artinya masak. Mara artinya kering. Jadi juku pallu mara secara arti kata adalah ikan yang dimasak sampai airnya hampir habis.

Baca juga: Makanan Tradisional Khas Jeneponto, Lammang Hingga Ganja

Juku Pallu Mara banyak dijumpai di Bantaeng. Sebab daerah ini salah satu penghasil masakan khas tradisional tersebut. Mirip dengan Pallu Kaloa’ yang diproduksi di Kabupaten Gowa. Namun rasanya berbeda. Juku pallu mara sedikit lebih asam.

Juku pallu mara Bantaeng, Masakah khas dari Butta Toa
Juku Pallu Mara Khas Kabupaten Bantaeng

Mengkonsumsi masakan tradisional khas yang satu ini. Akan membuat seseorang menikmati, setiap seruput airnya ketika hangat atau panas. Tak bisa menunggu hingga dingin. Sebab nikmat terbaiknya saat hangat atau panas.

Dengan menggunakan bahan-bahan berupa ikan yang segar. Masakan dengan metode manggunakan api untuk mengurangi air pada ikan nyaris kering.

Sehingga menghasilkan kuah ikan yang kental dengn rasa asamnya.

Ikan yang digunakan sebagai bahan dasar adalah ikan bandeng atau juku bolu. Yang lezat.

#Kentang Rebus

Kentang yang biasa dijadikan campuran sayur di daerah lain. Tapi di Bantaeng, ada makanan dengan masakan khas tradisional. Kentang rebus. Maklum daerah ini, utamanya di pegunungan Uluere penghasil kentang.

Masakan Khas Bantaeng
Kentang rebus, dicampur kelapa merupakan masakan khas dari Kabupaten Bantaeng

Kentang yang telah dimasak/kukus, seperti biasa. Asap pada periuk dibiarkan beberapa lama setelah airnya mendidih dan menghasilkan suara didihan. Agar masakan renyah.

Setelah itu, ditiriskan dan dicampur dengan kelapa yang telah diberikan penyedap rasa. Bisa juga dicampurkan dengan cobek.

Baca juga: Makanan Khas Tradisional Takalar, Selain Jagung dan Es Poteng

Demikian masakah khas tradisional asal daerah Bantaeng, dengan kuliner nikmat.

Author: admin

Tinggalkan Komentar