Pallu Bandang Dan 5 Makanan Khas Tradisional Kepulauan Selayar

Pallu Bandang Khas Kepulauan Selayar

Atozbi.com, Makanan Khas Tradisional – Kepulauan Selayar merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan, Dengan Pulau yang memiliki makanan khas tradisional seperti Pallu Bandang, Dan Lain sebagainya.

Selayar memiliki banyak hal yang menarik. Disamping pulau-pulaunya yang menawan. Kepulauan Selayar dengan daerahnya yang terdiri dari pulau-pulau.

Akses ke Kepulauan Selayar bisa ditempuh dengan perjalanan melalui jalur udara dan air. Jalur Udara dapat diakses dari Makassar Ke Selayar. Sementara jalur air melalui Bulukumba (Bira) ke Pammatata.

Daerah ini memiliki banyak makanan khas tradisional yang sangat nikmat.

Pallu Bandang, Singkong Yang Nikmat

Dengan menggunakan bahan dasar Ubi Kayu/Singkong. Dicampur dengan gula merah. Singkong tersebut di parut halus dan dicampur dengan gula merah yang dihaluskan. Dibagian tengah makanan ini diisi dengan pisang yang masak.

Dalam proses pembuatan, singkong tersebut di campur dengan gula secara merata, diberikan air secukupnya. Setelah itu dibagian tengah diisi dengan pisang masak. Adonan dibentuk sedemikian rupa dan membungkus seluruh pisang yang dimasukkan.

Pallu Bandang Khas Kepulauan Selayar
Pallu bandang sebagai salah satu makanan khas asal Selayar (Foto Sumber Cookpad)

Selanjutnya dikukus, dan setelah matang, pallu bandang tersebut ditaburi kelapa dan gula pasir, sehingga menghasilkan kue yang terasa kenyal dan manis serta gurih.

Kue ini ada dipasar-pasar tradisional, seperti didaerah Benteng dan juga di pulau-pulau Selayar

Nasi Santan Dan Sea Food, Makanan Khas Selayar

Sebagai daerah kepulauan, maka daerah ini memiliki sumber makanan berupa ikan yang segar. Di Benteng kita gampang menemukan tempat yang menyediakan kuliner dengan Ikan Bakar, Cumi bakar dan aneka hasil laut lainnya. Dengan pasangan nasi santan.

Dengan aroma khas, dibakar dengan menggunakan arang menghasilkan bau yang sangat menggoda selera. Ditambah dengan cobek atau sambel yang diracik dengan rempah alami. Jeruk nipis dan lain sebagainya.

Tidak lupa raca’raca’ mangga, berupa mangga mengkal yang dipotong dengan halus. Membuat lidah kita terasa tidak mau berhenti untuk mengunyah.

Nasi Santan Dan Sea food Bakar Selayar
Seafodd Bakar dan Nasi Santan Selayar Yang Nikmat (Sumber Foto: Ayokesalayar.com)

Sementara nasi santan adalah sejenis nasi yang di masak dengan menggunakan campuran santan. Mengkonsumsi makanan ini serasa hidup melayang keudara, apalagi di daerah Kota Selayar ada tempat kuliner di pinggir laut.

Makan ditempat ini, biayanya murah. Dan kita sudah bisa menikmati makanan sepuasnya.

Dumpi Sengkang, Dan Kopi Hitam

Dumpi Sengkang merupakan jenis kue yang berasal dari Kepulauan Selayar yang dulunya merupakan makanan khusus bangsawan. Dengan menggunakan bahan dasartepung beras, mentega, telur dan gula.

Adonan dicampur menjadi satu, kemudian dimasak dengan cara tradisional dengan menggunakan bahan dari tanah liat yang disebut dengan palakko’. Adonan yang sudah dibentuk dimasukkan kedalam palakko dengan bagian bawah yang dipanaskan dengan api dari bara api kayu.

Dumpi Sengkang
Dumpi Sengkang Khas Dari Selayar (Foto: Asli Indonesia)

Setelah matang, adonan tersebut dikeluarkan. Dalam kondisi masih panas, makanan ini dioleskan mentega dan gula pasir untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat.

Makanan ini merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas Tradisional Kepulauan Selayar.

Roko’-Roko’, Kembaran Dari Pallu Bandang

Roko’roko’ itu bahasa daerah, dimana roko’ artinya bungkus. Kue roko’roko’ ini merupakan jenis kue yang memiliki bahan dasar sama dengan Pallu Bandang. Hanya saja dalam proses pembuatan yang berbeda. Dimana singkong yang ada sebagai adonan dibungkus untuk membuat roko’roko’ tersebut.

Dengan menggunakan bahan dasar singkong yang dihaluskan, ataupun tepung beras. Roko’ roko’ ini diberikan pada bagian tengah berupa pisang ataupun karake (gula kepala). Selanjutnya dibungkus dan dikukus. Tunggu sampai matang. Siapkan segelas kopi atau teh hangat. Dan nikmati ketika sore. Untuk melupakan kenangan dengan mantan.

Dumpi Eja, Beras Ketan Dan gula Menawan Rasa

Hampir sama dengan dumpi eja di Bulukumba.

Atozbi Tradisional: Makanan Tradisional Bulukumba, Katabang Hingga Juku Karra’

Dumpi Eja
Roti/Dumpi Eja Khas Kepulauan Selayar

Makanan jenis kua tradisional khas kepulauan Selayar ini terbuat dari beras ketan, yangd icampur dengan gula merah. Bedanya adalah dalam proses mematangkan. Jika di Bulukumba dimatangkan dengan menggoreng.

Sementara selayar adalah dengan dipanaskan diatas oven. Sehingga cita rasa dan bau harum terasa saat proses mematangkan kue ini.

Buroncong, Tradisi leluhur

Dengan menggunakan bahan berupa tepung terigu, parutan kelapa muda, campuran gula pasir dan sedikit penambah aroma rasa.

Makanan khas ini juga ada di Gowa sebagai sumber dari pembuatan Buroncong tersebut.

Atozbi Makanan khas: Makanan Khas Tradisional Gowa, Ayam Tolak Pinggang Hingga Bassang

Proses memasak dengan menggunakan api berupa kayu bakar, yang menciptakan aroma buroncong panas yang nikmat dilidah.

Demikian makanan khas tradisional Selayar yang sangat menggugah selesar, jika ada waktu. Rencanakan untuk ke Kabupaten ini.

Atozbi Khas Daerah: Makanan Tradisional Khas Jeneponto, Lammang Hingga Ganja

Author: admin