Panglima TNI Di Era Pemerintahan BJ Habibie, Gusdur dan Megawati

Panglima Bintang Penuh TNI Era Habibie Gusdur dan Megawati
Era Pemerintahan Habibie Gusdur dan Megawati

Setelah lengsernya Soeharto, Dan Dilanjutkan Oleh BJ Habibie, Berikut urutan Panglima TNI Hingga Presiden Megawati

Atozbi.com, Urutan – Setelah runtuhnya pemerintahan Soeharto, maka sesuai dengan Undang-undang Wakil Presiden mengambil alih pemerintahan. Bintang TNI Bagian 3 ini menjadi sangat penting karena masa ini adalah masa paling genting.

Bacaan Lainnya

Setelah artikel Bintang TNI, Di Era Orde Baru Pemerintahan Presiden RI Soeharto.

Gerakan demonstrasi pada persitiwa akhir 1997 hingga Mei 1998. Ketika para demonstran menduduki gedung MPR/DPR RI.

Pemerintahaan seakan lumpuh, yang ada hanyalah berita gerakan demonstrasi menurunkan Soeharto.

Sebagai Rezim yang dianggap sebagai Rezim otoriter. Meskipun pada masa sekarang banyak orang yang berharap pemerintahan Soeharto dikembalikan. Soeharto telah tiada.

Wiranto Di Era Habibie

Dia adalah satu-satunya panglima di era pemerintahan BJ Habibie.

Wiranto menduduki Panglima ABRI pada 16 Februari 1998 hingga 26 Oktober 1999 pada masa Presiden BJ Habibie.

Panglima TNI Wiranto
Panglima ABRI Wiranto

Selain pernah menjabat Panglima ABRI, Wiranto juga sempat memegang posisi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik pada pemerintahan Presiden Jokowi.

Pria yang meniti karier di TNI AD merupakan pendiri Partai Hanura

Panglima TNI Era Gusdur

Setelah Pemerintahan BJ Habibie, usai. Masa transisi Pemerintahan Orde Baru dan Orde Reformasi Berganti. Kini Pemerintahan dibawah kendali Abdul Rahman Wahid atau Gusdur dengan Wakil Presiden Megawati Soeakrno Putri.

Untuk pertama kalinya jabatan Bintang TNI dijabat oleh Jenderal dari Angkatan Laut. Selama ini di dominasi oleh Angkatan Darat.

Pertimbangan Gusdur adalah Indonesia memiliki komposisi laut lebih luas dari dara. Sebagai benua Maritim dengan menekankan Budaya Maritim.

Laksamana Widodo Adi Sucipto

Laksamana Widodo Adi Sucipto menjadi Panglima tertinggi di tubuh TNI pada era Presiden Gusdur. Jabatan itu dipegang dari 26 Oktober 1999 hingga 7 Juni 2002.

Sebelum menjabat Panglima, pria yang meniti karier di TNI AL ini pernah menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan. Posisi Menko Polhukam itu dijabat pada 21 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2009.

Panglima TNI
Panglima TNI, Laksamana Widodo Adi Sucipto

Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut. Pria kelahiran pada 1 Agustus 1944 ini kini berumur 72 tahun dan telah pensiun dari karirnya di dunia militer sejak 2002.

Panglima ABRI Era Megawati Soekarno Putri

Melanjutkan Pemerintahan Gusdur, maka presiden Megawati Soeakrno Putri, melakukan perubahan dan peroombakan jabatan di tubuh TNI.

Endriarto Sutarto

Jenderal Endriarto Sutarto menjabat sebagai Panglima sejak 7 Juni 2002 sampai 13 Februari 2006. Posisi itu dipegang pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Jend Endriarto Sutarto
Panglima TNI Endriarto Sutarto, Bersama Ryamizard Ryacudu

Jabatan lainnya yang pernah dipegang Endriarto adalah sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ke-22 dari 9 Oktober 2000 hingga 4 Juni 2002.

Bacaan lain, Bintang TNI Bagian 1 Di Era Orde Lama Presiden Pertama RI Soekarno Dan juga Pahlawan Dari Sulawesi Bernama Abdul Kahar Muzakar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *