Profil Organisasi Pa’se’re Community, Bekerja Dengan Nilai Untuk Mengabdi

Profil Organisasi Kepemudaan Pa'se're Community
Ilustrasi Kegiatan Kepemudaan. Berita, Profil Organisasi Kepemudaan Pa'se're Community

Atozbi.com, Urutan – Organisasi yang berdiri dan masih Eksis hingga saat ini, Pa’se’re Community Dengan profil beberapa kegiatan yang pernah dilaksanakannya.

Setiap organisasi memiliki ciri has dan landasan kuat sehingga mereka membentuk diri dalam sebuah ikatan terorganisir. Harus memiliki azas, memiliki causa dan preposisi sebagai fundamental dasar berdirinya sebuah organisasi.

Menggerakkan sendi kepemudaan, menciptakan sebuah kekompakan dan kebersamaan bisa jadi dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun menumbuhkan sinergitas dalam merangkai kekuatan untuk waktu yang lama. Tidak semua orang bisa melakukannya.

Alunan kuat dan sinergitas, terdengar dengan kuat dari arah selatan-selatan Kota Makassar. Tepatnya di Kabupaten posisi titik Nol Sulawesi, yakni di Kabupaten Bulukumba. Tiada lelah untuk membangun kebersamaan. Memupuknya dengan jiwa. Berikut wadah salah satu organisasi kepemudaan di daerah tersebut.

Profil Organisasi Pa’Se’re Community

Pa’se’re community adalah sebuah organisasi yang berazaskan kebersamaan dan kekeluargaan yang di bingkai dalam nilai-nilai sosial budaya dan religius.

Komunitas yang bernafaskan gabungan lokal dan nasional sesuai dengan namanya PA’SE’RE, di inisiasi atas dasar pemikiran mengembalikan budaya leluhur pa’se’re. Yang artinya bersatu dan bertagline iya pau iya gau.

Jangan berbohong. Jangan berbuat tidak sesuai kesepakatan. Jangan ingkar dari janji. Jangan meninggalkan amanah. Jangan menafaatkan amanah. Itu objektifitas dari tagline tersebut yang memiliki arti satunya kata dengan perbuatan.

Islam mengajarkan tentang satu kata dengan perbuatan, dalam Surat Annisa Ayat 142

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلاةِ قَامُوا كُسَالَى يُرَاءُونَ النَّاسَ وَلا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلا قَلِيلا
Yang Artinya:
Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk salat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan salat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.

Ciri-ciri orang munafik adalah: Jika berbicara ia berbohong, jika dipercaya ia berdusta dan jika diberi amanah ia berkhianat. Konsekuensi dari kata bohong, dusta dan khianat adalah jauh dari Allah SWT.

Baca juga: A To Z Sahabat Rasul yang Dijamin Allah Pasti Masuk Surga

Tagline Dan Membumikan Amanah

Tagline Ia pau ia gau adalah doktrin kepada anggota yang sudah diajarkan sebelumnya. Dan telah menjadi sebuah budaya, selanjutnya di bumikan dalam organisasi kepemudaan.

Dibentuk oleh seorang pemuda yang sederhana yang ditemani 9 orang pemuda kala itu, Erik Puang Ahmad. Seiring berjalannya waktu berkembang pesat di beberapa Desa dan Kecamatan di Bulukumba sampai saat ini.

Pa’se’re community berpusat di Ereinung Dusun Pallantikang Desa Karassing Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Dan resmi didirikan 28 oktober 2015. Tepat hari sumpah pemuda dan secara resmi di SK kan terdaftar di dinas kesatuan bangsa dan politik kabupaten bulukumba. Dan bisa membentuk cabang cabang tingkat kepengurusan Kabupaten Bulukumba.

Sadar akan tanggung jawabnya sebagai generasi muda dan maka pa’se’re community berupaya menyatukan langkah ide dalam status wadah organisasi. Yang bernama pa’se’re community, sebagai unit kegiatan yang mencoba mengaktualisasikan kreatifitas. Dalam bidang sosial kemasyarakatan, keagamaan, kebudayaan, pariwisata, bina bakat dan olahraga, kesehatan, Serta pemberdayaan perempuan.

Kegiatan Pa’Se’re Community

Eksis dimedia sosial belum tentu eksis dilapangan. Namun Pemilik tagline satu kata dengan perbuatan tidak demikian. apa yang tersebar di media sosial maka eksistensinya ada dilapangan.

Mari kita jalan-jalan ke tanah Herlang (Hero Langnge-langnge). Salah satu kecamatan di Bulukumnba dengan bahasa Suku Konjo yang menjadi dominan, mengintip apa saja kegiatan mereka:

  • Bakti sosial di bukit budaya leluhur makam puang karaeng karassing (22 November 2015)
  • Bakti sosial di Masjid Masjid Karassing Herlang (07 Januari 2016)
  • Tim putri volly Ball pa’se’re siswa SMP 25 DAN SMA 6 Bulukumba mewakili Kabupaten Bulukumba ajang OSN (18 Maret 2016)
  • Aksi solidaritas bantuan elpigi dan beras untuk salah satu keluarga korban kebakaran dilombongan Desa Singa Herlang (05 juni 2016)
  • Turnament sepak takraw pa’se’re community cup 1 yang dirangkaikan hari jadi pa’se’re community yang ke 1 tahun (28 Oktober 2016)
  • Turnament sepak takraw pa’se’re community cup 2 yang dirangkaikan hari jadi pa’se’re community yang ke 2 tahun(28 oktober 2017)
  • Tim sepak takraw pa’se’re community mengikuti turnament yg diadakan oleh karang taruna sipainga cup 1 kajang (17 november 2017)
  • Putri volly ball pa’se’re community mengikuti kejuaraan orogading cup kec.kindang (11 juli 2018)
  • Tim sepak takraw pa’se’re community mengikuti turnament di gunturu herlang dan berhasil juara 2 (21 agustus 2018)
  • Turnamen sepak takraw pa’se’re community cup 3 yang dirangkaikan hari jadi pa’se’re community yang ke 3 tahun (28 oktober 2018)

Kegiatan Tahun 2019

  • Aksi sosial dan memberikan bantuan kepada keluarga ibu lina warga Desa Tugondeng herlang penderita komplikasi (24 mei 2019)
  • Tim putra volly ball pa’se’re community mengikuti turnamen bola volly open cup pataro. Dalam rangka memperingati HUT RI (17 nopember 2019)
  • Putri volly ball pa’se’re community juara 1 dalam ajang turnament orogading cup 2 Kec. Kindang (19 oktober 2019)
  • Turnament sepak takraw pa’se’re community cup 4 yang dirangkaikan hari jadi pa’se’re community yang ke 4 tahun (28 oktober 2019)
  • Pa’se’re community lakukan pendistribusian disinfektan di 80 mesjid di 6 desa 2 kelurahan di Kecamatan Herlang (13 april 2020)
  • Berbagi takjil kepada anak panti asuhan aljariah taccorong dan pengguna jalan di Kota Bulukumba (20 mei 2020)
  • Menyalurkan bantuan berupa telur dan mie instant ke masyarakat yang kurang mampu di Herlang (21 mei 2020).

Kegiatan diatas dilengkapi dokumentasi Dan masih banyak kegiatan-kegiatan yang belum di sebutkan.

Jiwa dan nurani, memanggil untuk berkata. Hati sebagai raja dalam diri manusia akan memerintahkan tubuh dan organ melaksanakan apa panggilan Jiwa. Jiwa yang kuat akan mentahtahkan perbuatan baik jiak panggilan jiwa itu baik.

Baca juga: ATOZ Prajurit Terkuat Dalam Peperangan Zaman Kuno Dalam Sejarah

Sukseskan dan soakan eksistensi pemuda ini untuk maju selangkah demi selangkah memperbaiki hal yang kurang dilingkungan. Dan atau pada konteks kepemudaan. Jelas mereka tidak sempurna dan memiliki keterbatasan, namun yang harus diberikan jempol adalah Tekad dan kebulatan nurani untuk menyonsong kekompakan. Ditengah era digital yang individualistik.

Demikian rangkuman organisasi dan Profil Pa’se’re Community yang di kupas sederhana oleh Tim dari Atozbi.com.

Sumber lain, Beritaku.Id.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *