Simpul Organisasi yang Efektif Dalam Kegiatan Sosial

Simpul Organisasi dan Komunikasi
Terikat dalam Sebuah Simpul Organisasi, Menunjukkan Bahwa Anggota Terikat secara Efektif Satu Sama Lain

Organisasi memiliki ikatan dan simpul kuat yang ada didalamnya, Untuk Mempererat hubungan anggota yang ada didalamnya. Organisasi terikat dengan simpul kuat secara erat.

Atozbi.com, A To Z Berhubungan – Apa arti dan Pengertian Organisasi, bagaimana menciptakan organisasi yang kuat? Maka kuatan yang mengikat didalamnya memiliki peranan penting.

Sebagaimana telah disebutkan tentang kelengkapan sidang, Konsideran Dan Kelengkapan Sidang Yang Penting. Untuk memenuhi standar organisasi yang kuat.

Pada kehidupan sehari-hari sering kita mendengar orang menyebut organisasi.

Betapa banyak orang yang aktif dalam organisasi, kemudian menjadi orang sukses.

Dari sekolah hingga kampus sampai kehidupan sosial.

Dalam hal itu. Beberapa diantara mereka yang tidak berminat masuk berorganisasi. Tetapi juga tidak sedikit orang bahkan mendapatkan jodohnya dalam organisasi.

Namun pada kasus lainnya, mendapatkan masalah keluarga karena organisasi itu sendiri.

Walaupun demikian, kita tidak pada pembahasan mendetail soal kasus tersebut.

Perlu diciptakan iklim organisasi yang efektif secara sosial.

Simpul Pengertian Organisasi

Ada beberapa ikatan definisi, atau pengertian dalam organisasi itu sendiri. Hal ini telihat dengan banyaknya pakar yang memberikan penafsiran tentang organisasi.

Dari beberapa pakar yang berbeda, memberikan pengertian organisasi berbeda-beda, berdasarkan sudut pandang dan hasil penelitian para pakar atau ahli.

  1. Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, menyebutkan Arti Organisasi adalah Kesatuan (susunan dan sebagainya). Yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu; 
  2. Kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama;

Teori Chester, Organisasi adalah pekerjaan yang dilakukan secara bersama. Dengan 2 orang atau lebih dari 2 orang dengan menggunakan komposisi atau bentuk dalam melaksanakan aktifitas masing-masing.

Sementara Stoner memberikan arti organisasi sebagai suatu pola yang melalui hubungan-hubungan. Yang melalui orang-orang dibawah pengarahan manajer, untuk mencapai atau menemukan tujuan bersama. Dikutip dari Guru Pendidikan.

Dari ketiga pengertian diatas, bisa ditarik suatu kesimpulan bahwa sebenarnya organisasi itu harus terdiri dari minimal 2 orang. Memiliki atau menduduki komposisi atau bentuk.

Untuk pelaksanaan tugas masing-masing, dan organisasi harus memiliki tujuan, untuk mengetahui bentuk akhir yang akan dicapai.

Polarisasi kerjasama diantara orang-orang dalam wadah tersebut untuk mencapai tujuan, dengan pembagian tugas dan sebagainya, seperti itulah kotenks organisasi.

Tujuan Organisasi

Setelah mengetahui pengertian organisasi maka selanjutnya adalah membahas tentang tujuan organisasi.

Tujuan organisasi, disamping untuk mencapai tujuan, juga untuk saling menutupi kekurangan dan bersama-sama mewujudkan tujuan. Untuk mendapatkan keuntungan bersama atau aktualisasi diri.

Adapaun beberapa tujuan organisasi adalah :

  1. Mencapai tujuan bersama,
  2. Menutupi kekurangan,
  3. Bekerjasama,
  4. Mewujudkan misi tertentu,
  5. Mendapatkan penghargaan,
  6. Mendapatkan keuntungan bersama,
  7. Melestarikan budaya
  8. Tempat belajar atau pengkaderan.

Ciri Simpul Organisasi

Organisasi memiliki ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki Visi dan Misi
  2. Memiliki Anggota,
  3. Job Deskripsi Anggota
  4. Punya Aturan

Pertama, Visi dan Misi

Pengertian ini adalah menjadi hal pokok kenapa organisasi tersebut dibuat. Atau karena persamaan visi dan misi atau tujuan. Maka seseorang mengorganisir diri secara bersama untuk pencapaian tujuan bersama.

Pengertian Organisasi akan kita pahami target organisasi tersebut dengan melihat Visi dn Misi yang milikinya.

Organisasi tanpa visi dan misi maka akan membuat tidak berarti.

Memiliki Anggota

Tidak ada organisasi tanpa 2 orang atau lebih didalamnya, dimana semua orang yang terlibat didalamnya merupakan anggota organisasi.

Job Deskriksi Anggota

Pembagian tugas masing-masing anggota, adalah harus diberikan, untuk menjawab siapa mengerjakan apa.

Job Description (deskripsi atau penjabaran tugas), biasanya diberikan pada setiap orang, berdasarkan aturan organisasi yang ada.

Punya Peraturan

Arti peraturan, dalam organisasi yang paling lazim adalah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Dimana didalamnya memuat tentang seperangkat peraturan dasar dan penjelasan untuk menjadi pedoman organisasi.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, biasanya ditinjau ulang (untuk perbaikan sesuai kebutuhan), pada saat dilaukan pergantian pengurus secara periodik. Dengan melakukan evaluasi kinerja dan efektifitas sebelumnya.

Format Organisasi

Dalam hal organisasi, terdapat beberapa bentuk organisasi diantaranya adalah: Organisasi Bisnis, Perusahaan dan Pemerintahan

Organisasi Bisnis lebih mengacu pada upaya untuk mengatur bisnis yang dijalankan, dengan mengatur sistem dalam menghadapi pasar.

Organisasi Perusahaan lebih kepada upaya produksi atau kegiatan khusus, yang merupakan bagian dari organisasi bisnis

Sementara organisasi pemerintahan, lebih kepada organisasi yang mengatur tata kelola instansi dan kedinasan untuk melakukan pelayanan kemasayarakatan

Organisasi Sosial merupakan organisasi partisipan yang dilakukan oleh masyarakat. Dalam hal ini, tidak menjadi struktur pada organisasi pemerintah, tapi melakuakn aktifitas pelayanan untuk membantu pemerintah.

Simpul Organisasi Yang Sehat

Organisasi yang sehat akan membawa kondisi sosial yang efektif didalamnya.

Pengertian Organisasai yang sehat adalah organisasi yang mampu menjalankan fungsinya, berdasarkan aturan yang ada.

Adapun ciri-ciri organisasi yang sehat adalah aktifnya seluruh lapisan (secara umum) yang ada dalam organisasi melaksanaan tugas. Dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki landasan hukum
  2. Aktifitas dan Kerjasama berjalan
  3. Produktifitas
  4. Terkontrol dan bisa dievaluasi
  5. Memiliki periodisasi kepengurusan
  6. Memiliki tempat atau sekretariat

Legal Dimata Hukum

Kita berada dinegara hukum dengan seperangkat peraturan yang mengikat didalamnya. Sehingga seluruh aktifitas baik pribadi maupun secara organisasi, harus mengacu pada aturan atau landasan hukum yang berlaku.

Landasan hukum pad pemerintahan misalnya, penambahan instansi, pendirian dinas memiliki seprangkat aturan yang mengikat.

Termasuk penempatan personil dalam ajabatan tertentu harus memiliki landasan hukum.

Untuk organisasi sosial kemasyarakatan, tetap harus mengacu pada landasan hukum. Termasuk pendirian ormas harus melihat peraturan yang ada, dan terutama pengadaan Akta Notaris sebagai langkah awal.

Aktifitas Dan Komunikasi Antar Anggota

Aktifitas dan kegiatan organisasi terus berjalan, aktifitas atau sekumpulan orang, dengan kerjasama satu sama lain.

Adapun aktifitas yang dijalankan adalah mengarah pada tujuan organisasi tersebut. Sehingga persona atau pejabat yang ada didalam mengerjakan apa yang menjadi bagian dari job desk yang diberikan.

Produktif

Hasil output dari aktifitas yang dijalankan tersebut, bisa dilihat dan dikoreksi didalamnya.

Produktifitas bisa diukur, dengan volume atau jumlah dari output sebuah kegiatan organisasi.

Terkontrol Dan Fokus

Organisasi terkontrol dan bisa dievaluasi adalah dimana organisasi dlam menjalankan tujuan, harus memiliki ciri bisa di evaluasi.

Terkontrol maksudnya tetap berjalan sesuai dengan aturan dan tujuan organisasi, sementara di evaluasi maksudnya. Melakukan penyempurnaan terhadap segala kekurangan yang didapatkan.

Dalam hal evaluasi tersebut, pimpinan organisasi bisa mengambil kebijakan melakukan penggantian personil, sepanjang diatur dalam peraturan organisasi.

Memiliki Masa Kepengurusan

Jabatan yang abadi itu tidak ada, ini menjadi prinsip dasar yang harus kita sepahamkan. Termasuk jabatan organisasi pada masanya akan berakhir.

Sehingga periodisasi organisasi dilakukan dengan melakukan pergantian secara bertahap ketika sampai masa periode, atau sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Memiliki Alamat Kantor

Pengertian Organisasi memiliki sekretariat adalah organisasi memiliki suatu tempat khusus, dengan alamat yang jelas.

Dan memungkinkan untuk dilakukan komunikasi baik seluler maupun email dan sebagainya.

Demikian kajian tentang organisasi : Pengertian, Bentuk, Ciri dan Tujuan.

Sumber Lain Pengertian-organisasi-tujuan-bentuk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *