Tahapan Kemerdekaan Indonesia, Mulai Zaman Penjajahan

Tahapan kemerdekaan Indonesia
Tahapan Kemerdekaan Indonesia Dengan Perjuangan Melawan Penjajah

Kemerdekaan Adalah Hak Segala Bangsa… Berikut Tahapan Kemerdekaan Indonesia

Beritaku.Id, Tahapan – Kemerdekaan merupakan hak semua orang dibumi Allah SWT, yang diberikan buat semua penduduk Indonesia.

Bacaan Lainnya

Tahapan Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Negara ini telah melewati sebuah masa yang sangat sulit. Dimana dalam hitungan ratusan tahun. Dijajah. Tanpa kemerdekaan.

Penjajah telah mengambil untung dibalik semuanya. Merampas. Merampok. Remah-rempah. Sebab Indonesia masuk dalam negara Benua Maritim Indonesia, Dengan Potensi Sumber Daya Alam Yang Kaya

Peralatan seadanya, tanpa pabrik senjata. Mengandalkan pedang dan timbak. Bahkan bambu runcing. Meriam akan menghancurkan tubuh yang berani maju selankah. Dalam peperangan.

Namun kematian dan tubuh terburai bukan masalah. Kemerdekaan itu mutlak. Maju dan lawan penjajah. Pekik inilah menjadi penyemangat para pejuang.

Generasi diatas tahun 1945. Telah menikmati hasil perjuangan. Terlepas kaya atau miskin. Kemerdekaan telah dipersembahkan Untuk kita semua generasi yang ada sekarang.

Tapi tahukah kita, bahwa kemerdekaan yang kita nikmati hari ini, bukanlah hadiah dari penjajah Jepang. Bukan persembahan dari Belanda.

Namun karena keringat dari para pejuang, darah para pejuang. Yang tidak kenal lelah. Tak mengukur nyawa. Kematian bukan masalah. Demi kemerdekaan anak keturunanku.

Sebagai generasi pelanjut. Maka kemerdekaan ada ditangan kita untuk meneruskan.

Tahapan sebelum Kemerdekaan Indonesia

Makan dan tak makan. Tetap kerja. Tidak kerja maka akan disiksa. Makan seadaanya dan kerja banyak. Rotan akan berbicara ditubuh bangsa Indonesia.

Indonesia memiliki pengalaman besar dalam hal penjajahan. Beberepa Negara telah memberikan kontribusi penjajahan.

Portugis, Belanda dan Jepang

Peralatan senjata menjadi masalah. Pendidikan menjadi landasan. Kebaikan bangsa Indonesia dalam hal keramahan. Dimanfaatkan oleh mereka untuk membodohi rakyat.

Merasa kuat. Merasa superior. Mereka memerintah tuan rumah Indonesia.

Mereka datang dengan bala tentara. Mengadu domba satu sama lain. Untuk mengambil keuntungan. Perang saudara itu biasa terjadi sebelum kemerdekaan.

Benar bahwa Negara Indonesia belum terbentuk ketika itu.

Semua masih berbentuk kerajaan.

Kerjaan Majapahit, Singasari, Gowa Tallo dan masih banyak kerajaan besar lainnya yang ada di Nusantara.

Mereka telah memasuki kawasan teritorial Kerajaan-kerajaan Bangsa Indonesia. Dalam porsi kerajaan yang berbeda.

Tahapan di Tahun 1600

Tepatnya Pada tahun 1602 Negara Belanda berhasil mendirikan Verenigde Oostindische Compagnie (VOC). Modus awal adalah perwakilan perdagangan Belanda.

Kerjasama antara Belanda dengan beberapa kerajaan. Berkembang menjadi menguasai Rempah-rempah.

Memperistri semaunya orang Indonesia, memperkosa siapa saja yang mereka inginkan.

Mengambil istri orang Indonesia juga menjadi pemandangan biasa.

Menyiksa, dengan kejam. Belanda.

350 tahun Belanda merampas kekayaan Indonesia.

Eropa mengambil untung. Selanjutnya Jepang mendarat di Indonesia. Dan menghancurkan armad Belanda.

Indonesia berpikir bahwa Jepang ini adalah Negara tetangga di Asia. Mereka di fasilitasi. Seba dianggap datang untuk membantu kemerdekaan Indonesia.

Tahapan Ketika Jepang Di Tanah Air

Jepang, sama saja dengan Belanda. Menjajah dn mengambil untung dibalik semuanya.

Disambut dengan baik bak raja dan pahlawan. Niatnya menguasai Indonesia. Mengambil alih dari Belanda. Menghancurkan Belanda. Adalah memperebutkan Indonesia yang kaya raya tersebut.

Tahapan Desakan Kemerdekaan

Jepang membentu BPUPKI. Semua untuk alibi kemerdekaan. Jepang tidak sepenuh hati memerdekakan Indonesia. Selanjtunya dibentuk PPKI sebagai Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Menyadari dirinya diperalat oleh Jepang. Maka kerajaan disleuruh Nusantara bersatu. Hancurkan penjajah. Lawan penjajahan yang ada ditanah air. Pada saat itu bukan berbentuk Indonesia.

Belum ada Indonesia sebelum 17 Agustus 1945. Yang ada adalah kerajaan-kerajaan. Dan kerajaan ini bersatu melawan penjajah.

Beberapa peristiwa yang membantu kemerdekaan Indonesia.

Pertama, Hancurnya Jepang oleh Sekutu

Perang dunia kedua. Jepang bergabung dengan Nazi pimpina Hitler. Untuk menghancurkan Uni Soviet, Francis dan Amerika Serikat.

Namun belakangan, yakni tepatnya 6 dan 9 Agustus 1945. Hirosima dan Nagasaki dihancurleburkan oleh Sekutu Uni Soviet, Amerika dan sekuru. Karena dianggap sebagai sayap perjuangan dari Hitler (Jerman).

15.000 penduduk jepang hancur oleh Bom Nuklir. Dalam kondisi tersebut tentara Jepang Di Indonesia pecaha konsentrasi.

Dan Negara Jepang jatuh ketangan sekutu. Termasuk yang ada di Indonesia.

Menindaklanjuti persiapan kemerdekaan Indonesia oleh PPKI sebelumnya. Jepang menyerahkan kemerdekaan kepada Banga Indonesia.

Desakan Rengasdengklok

Tua dan Muda berhadapan. Pejuang Muda Indonesia seperti Sutan Sjahrir dan kawan-kawan mendesak kaum yang tua seperti Soekarno dan kawan-kawan. Proklamirkan kemerdekaan.

Culik Soekarno. Amankan di Rengasdengklok.

Semua bertujuan agar Tokoh pejuang negara Indonesia tersebut tidka terpengaruh oleh Jepang.

Peristiwa penculikan itu pada 15 Agustus 1945. Mendesak untuk segera bacakan proklamasi.

Rumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan

Tulisan teks proklamasi tidak begitu saja, namun melalui berbagai tahapan penulisan didlamnya. Bisa dibaca pada artikel berikutnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *